TNI AU – FASF Gelar Pertemuan Bahas Kerjasama

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI AU dan Angkatan Udara & Antariksa Perancis, France Air and Space Force (FASF) melaksanakan pertemuan bilateral membahas kerjasama kedua angkatan udara di The Best Western Premiere Hotel, Jakarta, Rabu (8/2/2023) kemarin.

Delegasi TNI AU dipimpin Waasops Kasau Marsma TNI Wayan Superman, sementara delegasi FASF dipimpin Head of Internasional FASF, Brigjen Hugues Pichevin.

Pertemuan untuk memperdalam kerjasama antara dua Angkatan Udara. TNI AU dan FASF memanfaatkan setiap kesempatan untuk bertukar pengetahuan, pelatihan dan meningkatkan kerjasama bilateral.

Brigjen Pichevin menjelaskan tujuan akhir pertemuan, untuk meningkatan pengetahuan bersama antar angkatan udara, modernisasi TNI AU dan interoperabilitas kedua AU, serta kerja sama bilateral yang bersifat operasional.

Sejumlah kerjasama yang dibahas antara lain pelatihan penerbang, pertukaran gagasan dan pengalaman, serta pelaksanaan kursus bahasa Prancis untuk instruktur bahasa Prancis TNI AU. Selain itu juga dibahas topik kunjungan antar kedua angkatan udara untuk lebih mengenal dan saling memahami.

Usai membahas sejumlah topik kerjasama, delegasi FASF berkunjung ke Skadron Udara 17 dan Skadron Udara 31 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma.

Delegasi TNI AU yang hadir pada pertemuan tersebut antara lain Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam, Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono, Kolonel Lek Hendrizal Hamzah, dan Kolonel Adm Gusnadi, serta sejumlah perwira TNI AU lainnya.

Sementara dari delegasi FASF diantaranya, Letkol Franck Arnaudon, Staf Devisi Asia Latin Amerika, Kolonel Sven Meic, Athan Prancis untuk Indonesia, Kolonel Olivier Cam, Deputi Athan Prancis untuk Indonesia dan Fitrie Djohardinie, Staf Athan Perancis untuk Indonesia.(disp)