Berdampak Positif, Masyarakat Adat Toba Apresiasi Suksesnya Ajang F1 Powerboat

0

Koran Jurnal, Sumut – Penyelenggaraan event internasional F1 Powerboat Danau Toba 2023, Sumatera Utara, baru-baru ini dipuji banyak pihak lantaran terlaksana dengan lancar dan sukses.

Termasuk Gerakan Masyarakat Adat (GEMA) Toba yang turut mengapresiasi suksesnya gelaran tersebut.

Meski menurut Ketua GEMA Toba Jekson Siagian dalam tahap persiapan didapati sejumlah kendala antara lain ada warga yang merasa tanahnya digunakan guna mendukung kegiatan itu tapi belum terpenuhi aspirasinya.

Namun, kata dia, dengan kekompakan elemen masyarakat dan berbagai pihak terkait akhirnya lomba yang ditonton langsung Presiden Jokowi itu terlaksana dengan baik.

Pihaknya juga menegaskan tak akan menempuh aksi apa pun terkait masih adanya keluhan masyarakat tersebut dan lebih mengutamakan dialog.

“Ke depan kami akan diskusikan atau dibawa ke dalam forum seperti musyawarah untuk penyelesaian lahan warga yang dipakai perlombaan F1Powerboat,” kata Jekson Siagian, Rabu (1/3/2023).

Dia berpandangan dengan adanya momen tersebut, kemajuan pariwisata dan perekonomian warga di seputaran Danau Toba lebih terangkat.

“Memberikan dampak yang positif untuk masyarakat sekitar dan bukan sebaliknya, itu yang kita harapkan,” ujar Jekson.

Jekson menambahkan, pihaknya juga menyampaikan apresiasi pada jajaran TNI-Polri yang atas perannya juga ajang internasional ini bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan maupun ketertiban.

“Kami yang mendukung dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat, berterima kasih pada aparat TNI hingga Kepolisian dalam mewujudkan pelaksanaan perlombaan F1Powerboat di Danau Toba yang bertaraf Internasional ini  bisa terlaksana secara kondusif,” tegasnya.(*)