Karya Bakti TNI AU di Sumut, KSAU: Komitmen Berbakti kepada Rakyat

0

Koran Jurnal, Medan – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, CSFA memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Karya Bakti TNI AU di Sumatera Utara.

“Selaku insan dirgantara, TNI AU senantiasa berkomitmen untuk berbakti kepada rakyat, sebagai salah satu wujud semangat jiwa patriot, seperti yang ditunjukkan dalam peristiwa heroik 76 tahun yang lalu,” tegas KSAU.

Pernyataan tersebut disampaikan KSAU dalam sambutannya yang dibacakan Wakasau Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han) saat meninjau kegiatan Karya Bakti TNI AU di Lanud Soewondo, Medan, Selasa (25/7/2023).

Karya Bakti dalam rangka peringatan ke-76 Hari Bakti TNI AU yang dipusatkan di Sumatera Utara ini diisi dengan kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik dilaksanakan di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang berupa pembangunan dan renovasi Fasilitas Umum sebanyak 14 unit yang terdiri dari 8 Fasilitas Pendidikan, 1 Fasilitas Kesehatan, 4 Mushola serta 1 Gereja dan juga Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 2 unit. selain itu dilaksanakan juga pengadaan sumber air bersih bagi warga Hamparan Perak.

Sementara untuk kegiatan non fisik dilaksanakan kegiatan Bantuan Sosial dan Bakti Sosial Kesehatan, untuk kegiatan Baksos Kesehatan yang dilaksanakan di Apron Bravo Lanud Soewondo dilaksanakan pelayanan operasi bibir sumbing, pelayanan umum dan spesialis, pelayanan gigi, pelayanan KB, Khitanan Massal dan juga Donor Darah sedangkan untuk bantuan sosial berupa pemberian peralatan kesehatan berupa kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu, kaca mata baca, dan juga buku keagamaan serta pembagian paket sembako bagi warga sekitar Kecamatan Hamparan Perak.

Salah seorang penerima bantuan Rifki, 21 tahun asal Tebing Tinggi menuturkan, bahwa bantuan kaki palsu yang diberikan sangat bermanfaat bagi dirinya. “Terima kasih TNI AU, bantuan kaki palsu ini sangatlah membantu saya” tutur atlet panahan disabilitas ini.

Terkait dengan dipilihnya Medan sebagai pusat Karya Bakti TNI AU tahun 2023, Kasau menjelaskan ini terkait dengan program pemerintah, yang dalam waktu dekat akan mulai membangun Pangkalan Udara baru dan modern di Hamparan Perak dan pada kesempatan yang baik ini, beliau berharap keberadaan TNI Angkatan Udara di Sumatra Utara dapat terus mendukung semangat pembangunan nasional bersama dengan masyarakat sekitar.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua Umum PIA Ardya Garini Ny. Thres Gustaf Brugman, Aspotdirga Kasau, Pangkoopsud I, Wakapolda Sumatera Utara, Kasdam I/Bukit Barisan dan segenap Forkompimda Provinsi Sumatera Utara.(disp)