HUT RI ke 78, Lanud Sugiri Sukani Cetak Rekor MURI Kibarkan 1945 Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai 

0

Koran Jurnal, Majalengka – Memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani (Lanud SKI) mencetak Rekor dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI serta mengibarkan 1945 Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai di ketinggian 3.078 Mdpl, Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Kamis (17/8/2023).

Pemberian Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia dari Ketua MURI tersebut, diberikan oleh perwakilan MURI, Bryan Razu Ramadhan selaku Customer Relation Manager, dengan menyampaikan, “Pengibaran Bendera Merah Putih terbanyak di Puncak Gunung dianugerahkan kepada Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani (Lanud SKI) Koopsud I dan dicatatkan sebagai rekor dunia”.

Dalam pelaksanaan Upacara di Puncak Gunung Ciremai tersebut dipimpin langsung oleh Danlanud SKI Letkol Pnb Supardo Butarbutar, M.Han., selaku Inspektur Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai, yang diikuti oleh 1862 personel peserta Upacara, yang terdiri dari personel militer Lanud Sugiri Sukani, Komunitas Pecinta Alam dan berbagai unsur masyarakat sekitar yang menancapkan 1.945 Bendera Merah Putih di sepanjang Rute Pendakian, Jalur Apuy, Jalur Palutungan dan jalur Linggar Jati hingga bersama-sama mencapai Puncak Gunung Ciremai.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di puncak gunung ini adalah yang pertama kali dalam Jajaran TNI Angkatan Udara yang digagas oleh Komandan Lanud Sugiri Sukani, dengan merangkul semua elemen masyarakat. “Hal tersebut untuk mengenang dan mewujudkan semangat juang dan rela berkorban serta meningkatkan kualitas pengabdian sebagai bangsa negara yang cinta akan tanah airnya yaitu Indonesia,” ujar Danlanud SKI.

“Upacara pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai ini dilaksanakan untuk memberikan sesuatu yang lebih terhadap rasa cinta kepada tanah air Indonesia kepada masyarakat dan para pemuda pemudi pecinta alam serta menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan antara Pangkalan TNI AU Sugiri Sukani dengan masyarakat sekitar,” jelas Danlanud SKI lebih lanjut.

Mewakili Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., Kapen Koopsud I Kolonel Sus Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si., menyampaikan, “Apresiasi dan kebanggaan yang setingginya kepada Lanud SKI, Para Rekan Komunitas Pecinta Alam dan masyarakat sekitar yang telah mencacatkan rekor dunia dengan melaksanakan Upacara dan pengibaran 1945 Bendera di Puncak Gunung Ciremai” ujar Kapen Koopsud I penuh bangga.

Berbagai persiapan direncanakan dengan matang diantaranya persiapan personel yang terlibat meliputi Kesehatan jasmani dan rohani, persiapan peralatan dan kelengkapan dalam mendaki, juga Latihan fisik secara rutin di Lanud Sugiri Sukani demi terlaksananya upacara itu. Selain itu, pendekatan teritorial kedirgantaraan kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kadispotdirga Lanud SKI Mayor Tek Edhie Purnomo dan para Babinpotdirganya.

Ditempat terpisah, ketua panitia pelaksana Upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Lettu Sus Sandra S., S.T.Han., yang sehari-hari menjabat sebagai Kaintel Lanud Sugiri Sukani menyampaikan, “Selain pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai, dilaksanakan juga karya bakti dengan melaksanakan pembersihan sampah-sampah sepanjang jalur turun dari puncak menuju ke Posko Apuy dan Palutungan agar kelestarian alam tetap terjaga dan terpelihara”.

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.(disp)