ALTAR 89 Mengabdi Tiada Henti Untuk Indonesia Maju 

0

Koran Jurnal, Jawa Barat – Dalam rangka pengabdian ke 34 tahun, Alumni Taruna Akabri tahun 1989 (ALTAR’89) kembali menggelar kegiatan Bhakti Kesehatan dan Bhakti Sosial dengan mengangkat tema TNI-Polri Mengabdi Tiada Henti Untuk Indonesia Maju, di wilayah Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan sosial tersebut, selain menyentuh masyarakat melalui kegiatan kemanusiaan, sekaligus juga menanamkan jiwa nasionalisme serta cinta tanah air kepada masyarakat khususnya di wilayah tersebut.

Rencananya, sejumlah kegiatan kemanusiaan berupa bantuan kesehatan gratis bagi masyarakat akan dilaksanakan seperti operasi bibir sumbing, operasi katarak, sunatan massal, pelayanan pengobatan dan kesehatan umum, penanganan stunting, pelayanan vaksinasi covid-19, fisioterapi, perawatan gigi hingga Bhakti Sosial pemberian bantuan paket sembako kepada masyarakat setempat.
Kegiatan kemanusiaan ini akan melibatkan Alumni Taruna AKABRI 1989 (ALTAR’89) dari empat matra yaitu TNI AD, TNI AL, TNI AU serta Polri. Selain itu pada pelaksanaannya nanti juga akan didukung oleh Dinas Kesehatan tiap-tiap matra yang bersinergi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah setempat serta beberapa yayasan sosial kemanusian seperti Budha Tzu Chi Indonesia.

Seperti diketahui, sejumlah alumni taruna Akabri 1989 telah menempati sejumlah jabatan penting dan strategis di jajaran TNI-Polri dan Pemerintahan RI, diantaranya adalah Laksamana TNI Muhammad Ali yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Wakil Kepala Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kabaintelkam Komjen Pol Drs Suntana, Panglima Kogabwilhan 2 Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, Komandan Kodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiono, Ka BNPB Letjen TNI Suharyanto, Ka Bais TNI Letjen TNI Rudianto dan Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Ketua ALTAR’89 Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah saat ditemui mengatakan, “Kegiatan sosial ini merupakan komitmen Alumni Taruna AKABRI 1989 (ALTAR’89) untuk terus memberikan pengabdian tiada henti yang terbaik kepada masyarakat. Saat ini, sudah 34 tahun pengabdian kami sejak lulus AKABRI pada tahun 1989, dan keluarga besar ALTAR’89 ingin berbagi kebahagiaan atas segala karunia dan kepercayaan yang diberikan kepada seluruh keluarga besar ALTAR’89, dengan memberikan pelayanan Kesehatan dan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Selain itu, kami mengajak kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk terus yakin dan mencintai tanah air ini, yang merupakan karunia dari Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan semoga Indonesia terus menjadi negara maju, yang kuat dan sejahtera.”

Alumni Taruna AKABRI 1989 secara rutin telah mendukung program pemerintah, diantaranya dengan pemberian vaksinasi covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia, dan aktif melakukan aksi kemanusiaan berupa pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Disamping itu, ALTAR’89 juga bergerak pada bidang pendidikan, kesehatan maupun yayasan sosial untuk mendukung pembangunan serta penanganan bencana di seluruh Indonesia.(**)