Komandan Pushidros TNI AL Menerima Audiensi Komisaris Utama PT Pelindo

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menerima audiensi Komisaris Utama PT Pelindo Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono, S.E. bertempat di ruang Anjungan Pushidrosal, Jakarta Utara, Senin (4/9/2023).

Dalam kunjungan audiensi tersebut Danpushidrosal didampingi oleh Kapoksahli Pushidrosal Laksma TNI Suhendro, Asopssurta Danpushidrosal Laksma TNI Dyan Primana Sobaruddin, Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Renny Lilik Asmoro serta Paban Ops Sopssurta dan Paban Lat Sopssurta Pushidrosal.

Danpushidrosal menyampaikan bahwa kegiatan Pushidrosal tidak saja sebatas survei dan pemetaan laut Indonesia saja namun, Pushidrosal saat ini merupakan lembaga lembaga hidrografi militer dan lembaga hidrografi nasional Indonesia yang menjadi perwakilan negara di lembaga Internasional Hydrography Organisation (IHO).

Selain itu, bahwa di laut ingin adanya kepastian dalam hal pelayaran, khususnya dalam bidang keselamatan antar pelabuhan baik di dalam maupun di luar negeri, sebagaimana tol laut yg digalakkan oleh Presiden RI Joko Widodo sehingga hal tersebut untuk ditindak lanjuti.

Selain itu, banyak hal untuk dapat dikerjasamakan antara Pelindo dan Pushidrosal, mengingat Pushidrosal yang cakupannya cukup luas dengan peralatannya terbatas, sehingga baik pelindo maupun Pushidrosal dapat memberikan dukungan seperti tenaga Sumber Daya Alam, bekerjasama survei di laut khususnya di pelabuhan yang kedepan semakin banyak dan perlu dirawat dalam hal kedalamannya, opstekel kapal-kapal yang keluar masuk1 yang perlu di waspadai sehingga harus di survei terus menerus agar data terupdate pasca pengerukan di Jakarta Newport, Selain itu Pushidrosal akan membuat desain dan posisi floating break water untuk pelabuhan benoa dan pelabuhan kijing.

Dengan adanya tindak lanjut antara Pushidrosal maupun PT Pelindo dalam melihat potensi kerjasama sehingga perlu adanya MoU.

Dalam kesempatan tersebut Asopssurta memaparkan tentang tugas pokok Pushidrosal, selain itu menjelaskan tentang pemanfaatan data Pushidrosal untuk mendukung kepelabuhan, kemampuan Pushidrosal serta menjelaskan tentang standar survei dan pemetaan.

Di akhir kunjungannya saling bertukar cinderamata di lanjutkan Komisaris Utama PT Pelindo yang didampingi Direktur Utama PT Pelindo dan Direktur Utama Sub Holding PT Pelindo Jasa Maritim dengan mengunjungi museum dan perpustakaan milik Pushidrosal.(disp)