TNI AU dan PT Pertamina Jadi Mitra Strategis: Kerjasama Penguatan Sumberdaya Obyek Vital Nasional

0

Koran Jurnal, Denpasar – TNI Angkatan Udara dan PT Pertamina (Persero) sepakat menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat pembinaan potensi dirgantara, terutama pada obyek vital nasional strategis dan objek tertentu lainnya yang berada di wilayah operasional PT. Pertamina.

Kesepakatan ini, dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani oleh Aspotdirga Kasau, Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos dan Wenny Ipmawan, selaku Vice President Health Safety Security and Environment Operation and Facilities Support di Ball Room Hotel Aryadhuta, Bali, Jum’at (10/11/2023).

Kerjasama mencakup penyiapan Ruang, Alat, dan personel yang berkualitas bagi kepentingan pertahanan negara dalam aspek udara. Fokus utama adalah pada sumber daya alam/buatan, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan kondisi sosial di wilayah operasional PT Pertamina.

Kegiatan yang dilakukan dalam kerangka perjanjian mencakup pendataan, pengelolaan, dan pengamanan ruang udara SDA/B serta sarpras yang dioperasikan oleh PT Pertamina. Selain itu, pembinaan terhadap SDM melalui pendidikan, latihan, dan simulasi untuk memastikan ketersediaan alat juang yang tangguh.

Aspek pembinaan kondisi sosial juga menjadi perhatian, melalui metode diskusi, ceramah, dan seminar yang diimplementasikan secara terpadu.

TNI AU dan PT. Pertamina juga bekerjasama melaksanakan kegiatan Bhakti TNI AU untuk mendukung percepatan pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional PT Pertamina. Selain itu, kedua instansi mendukung pengamanan dan kegiatan yang terkait dengan operasional di lingkungan kerja PT Pertamina.

Melalui perjanjian kerjasama ini, diharapkan tercipta kerjasama yang kuat antara TNI AU dan PT Pertamina untuk mendukung kepentingan nasional dan mengoptimalkan potensi dirgantara di Indonesia yang berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.(disp)