Empat Jabatan Danlanud Jajaran Koops Udara I Diserahterimakan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Jabatan Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF), Wiriadinata (WIR), Komandan Lanud Iskandar (IKR) dan Komandan Lanud Harry Hadi Soemantri (HAD) diserah terimakan dalam upacara Sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., yang berlangsung di GOR Antarikshe Makoops Udara I, Senin (20/11/2023).

Serah terima jabatan Komandan Lanud RHF dilaksanakana berdasarkan Keputusan Kasau nomor Kep/32-PKS/X/2023 tanggal 25 Oktober 2023, sedangkan Komandan Lanud WIR, Komandan Lanud IKR dan Komandan Lanud HAD berdasarkan Keputusan Kasau nomor Kep/30-PKS/X/2023 tanggal 25 Oktober 2023 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI Angkatan Udara, ditandai dengan penanda tanganan Pakta Integritas, pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda jabatan oleh Pangkoops Udara I.

Empat Jabatan Komandan Lanud yang berada dibawah pembinaan Koops Udara I tersebut Komandan Lanud RHF, dari pejabat lama Kolonel Nav Arief Budiman, S.T., PSC(J)., kepada penggantinya Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, S.T., M.M., Komandan Lanud WIR, dari pejabat lama Letkol Pnb Adi Putra Buana, S.H., M.I.Pol. diserahkan kepada Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat, Komandan Lanud IKR dari Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, S.T., M.M.DS. diserahkan kepada Letkol Pnb David Moningka, S.A.P., M.Han., sedangkan Komandan Lanud HAD dari Letkol Nav Wahyu Pratomo Pujo Wahono, S.H., M.Han. kepada penggantinya Letkol Pnb Dion Aridito, S.T., M.M.

Terkait acara serah terima jabatan ini, Panglima Koops Udara I menyampaikan harapannya kepada Komandan yang baru saja dilantik agar memiliki dedikasi, loyalitas, disiplin dan integritas yang tinggi terhadap tugas-tugas yang diemban, sehingga Koops Udara I mampu menjadi kotama yang profesional sesuai harapan kita bersama.

Lebih lanjut Pangkoops Udara I juga menekankan bahwa sebagai Komandan Lanud agar senantiasa menyiapkan operasional satuan, logistik yang memadai dan personel yang profesional, handal dan militan guna mendukung keberhasilan setiap misi yang diemban Koops Udara I.

“Dalam menghadapi perkembangan situasi nasional dalam rangka menyambut pesta demokrasi tahun 2024, saya menghimbau kepada para Komandan yang baru saja dilantik, untuk senantiasa menekankan kepada seluruh anggota agar sadar dan paham betul karakter dan jati diri sebagai prajurit TNI, yang harus tetap berpegang teguh pada prinsip yang dilandasi jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI sehingga kita mampu menjaga netralitas TNI dengan tidak terlibat politik praktis dalam bentuk apapun,” harap Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc.

Usai terlaksananya prosesi sertijab Danlanud RHF, WIR, IKR dan HAD, dan di tempat yang sama, acara dilanjutkan dengan Serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini D.I Cabang 13 Lanud Raja Haji Fisabilillah, Cabang 7 Lanud Wiriadinata, Cabang 8 Lanud Iskandar dan Cabang 18 Lanud Harry Hadi Soemantri yang dipimpin Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koops Udara I Ny. Mala Bambang Gunarto.

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 13 Lanud RHF diserahterimakan dari pejabat lama Ny. Novi Arif Budiman kepada Ny. Rehan Andi Nur Abadi, Ketua PIA Cabang 7 Lanud WIR dari Ny. Siska Adi Putra Buana kepada penggantinya Ny. Erti Taufik Agus Hidayat, Ketua PIA Cabang 8 Lanud IKR dari Ny. Andini Ig. Widi Nugroho kepada penggantinya Ny. Candra David Moningka dan Cabang 18 Lanud HAD dari Ny. Rina Wahyu Pratomo Pujo Wahono, kepada penggantinya Ny. Ria Dion Aridito.

Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan 4 Danlanud tersebut yaitu Kaskoops Udara I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han. beserta istri, Irkoops Udara I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han., Ibu-ibu Pengurus PIA Ardhya Garini D. Koops Udara I, seluruh pejabat utama Koops Udara I, perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS anggota Koops Udara I.(pen)