TNI AL Bersama US NAVY dan USMC Matangkan Konsep Latma Carat 2024 di Lampung 

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama US Navy dan United States Marine Corps (USMC) mematangkan konsep Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training 2024 (Latma CARAT 2024) di Lampung, pekan ini.

Latma CARAT 2024 dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara, membangun persahabatan, dan memperkuat profesionalisme prajurit. Konsep Latma CARAT 2024 ini menggunakan pendekatan integrated skenario based exercise, dimana seluruh tahapan perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan latihan dari tiap-tiap bagian, baik teknis maupun taktis, dilaksanakan secara terintegrasi dengan mengambil konsep latihan berupa operasi pertahanan pantai/anti amfibi.

Pada kegiatan tersebut, seluruh delegasi kedua negara bertemu dan melakukan survei akhir daerah latihan atau Final Site Survey (FSS) pada tanggal 12 dan 13 Maret 2024 dengan melaksanakan peninjauan tempat-tempat yang akan digunakan sebagai area latihan bersama di sekitar Teluk Ratai, Lampung, seperti pelabuhan, pantai, area laut, lahan darat, serta fasilitas-fasilitas lain yang akan digunakan selama Latihan.

Selanjutnya dilanjutkan rapat akhir perencanaan latihan atau Final Planning Conference (FPC) yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 14 dan 15 Maret 2024 di Sheraton Hotel Lampung.

Adapun materi latihan yang akan disampaikan antara lain proses pengambilan keputusan, pertukaran pengetahuan atau Subject Matter Expert Exchange (SMEE), latihan perorangan, dan latihan pertahanan pantai gabungan dengan mengintegrasikan pasukan darat, unsur laut dan unsur udara. Sementara itu unsur-unsur yang dilibatkan yaitu kapal perang, helikopter, pesawat udara, drone udara, Kopaska, Marinir, Zeni, Medis, Hukum, dan Public Affair.

Selain latihan perang, kegiatan ini juga melaksanakan misi kemanusiaan berupa renovasi fasilitas umum, pembersihan pantai, pengobatan gratis dan pemberian bantuan sosial.

Dalam pemantapan konsep Latma CARAT 2024 ini, diikuti oleh 37 orang Delegasi TNI AL yang dipimpin oleh Paban III Lat Sopsal Mabesal Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat didampingi Dansatkor Koarmada I, Kolonel Laut (P) Awang Bawono serta Danyonif 9 Marinir, Letkol Mar Fuzi Nugraha. Sedangkan untuk Delegasi US Navy dan USMC dipimpin oleh LCDR Nicholas dengan jumlah delegasi 16 orang.

Rencana Latma CARAT 2024 akan digelar di pertengahan Mei 2024 selama sepekan di seputaran perairan Teluk Ratai dan Piabung Lampung, Batalyon 7 Marinir, Batalyon 9 Marinir serta Pusat Latihan Pertempuran 8 Marinir Piabung Lampung.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma CARAT 2024 selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yaitu menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL sebagai prioritas utama, di mana pada Latma CARAT 2024 sebagai wadah para prajurit Jalasena untuk meningkatkan profesionalitas guna mewujudkan SDM yang profesional, modern, dan tangguh.(disp)