Musisi Indonesia Jodie Wenas Sambut Baik Cawapres Ma’ruf Amin Ingin Bangun ‘Opera House’

0

Koran Jurnal, Jakarta – Musisi Indonesia Jodie Wenas menyambut baik rencana calon wakil presiden nomor urut 01 KH.Ma’ruf Amin, membangun sebuah gedung kesenian dan kebudayaan ‘Opera House’ di Indonesia.

Hal itu dikatakan Jodie Wenas merespon apa yang disampaikan cawapres Ma’ruf Amin dari debat tahap ke 3 antara kedua pasangan cawapres 01 Ma’ruf Amin dan cawapres 02 Sandi Solahuddin Uno, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/03). Debat pilpres 2019 yang ke 3 mengangkat topik, Pendidikan, Ketenagakerjaan, dan Sosial Budaya.

Menurut Jodie, 3 topik debat yang disampaikan Ma’ruf Amin, diluar dugaannya bahwa ternyata cawapres 01 pendamping capres petahana Joko Widodo (Jokowi), dapat tampil memukau dan menguasai topik debat, khususnya mengenai sosial budaya.

“Nga menyangka orang tua dan seorang kiai, dia sangat menguasai banget itu hal-hal bahkan milenial. Khususnya soal seni budaya,” ujar Jodie, di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (18/03/2019) malam.

“Dia (Ma’ruf Amin) sempat bilang mau bikin opera house seperti di Sydney (Australia). Hal ini (dia) sangat memperhatikan budaya. Jadi yang disampaikan oleh Kiai Ma’ruf, benar-benar dia menguasai semua bidang,” pungkasnya.

Bahkan, Jodie asal musisi asal Sulawesi Utara ini, tidak menduga sosok kiai yang mempunyai latar belakang pendidikan agama dan kerohanian ini, mempunyai kepedulian lebih terhadap kesenian dan kebudayaan.

“Kalau saya lihat latarbelakangnya dengan paparan soal sosial budaya itu kayaknya jauh banget ya. (padahal) Dia seorang kiai, yang biasa berdakwah, dia juga master ekonomi (ekonomi syariah), tapi masalah sosial budaya dia menguasai banget ya, dan dia punya konsen yang sangat tinggi mengenai seni dan budaya,” salut Jodie, yang juga sebagai Sekjen Vokalis Rock Indonesia.

“Itu suatu cita-cita yang besar sekali, dan harapan kita,” imbuhnya.

Diketahui, cawapres Ma’ruf Amin berjanji akan membangun gedung pertunjukan seperti ‘Opera House’ di Sydney (Australia). Gedung opera ini sebagai wujud komitmen membangun kebudayaan.

“Kami juga akan membangun semacam opera seperti opera yang ada di Sydney untuk ekshibisi dan pertunjukan kebudayaan,” kata Ma’ruf Amin dalam debat cawapres di Hotel Sultan, Minggu (17/03).

Ma’ruf Amin menyebut pemerintahan Jokowi saat ini sudah memiliki strategi kebudayaan. Maka diperlukan program berkelanjutan agar cita-cita pengembangan kebudayaan bisa terwujud.

“Akan kita lakukan konservasi budaya, pelestarian budaya, dan kita akan melakukan globalisasi budaya ke dunia luar supaya lebih terkenal lebih berkembang,” sambung Ma’ruf Amin.

Selain itu, Ma’ruf berbicara tentang optimalisasi anggaran. Menurutnya, perlu dana abadi kebudayaan selain dana abadi pendidikan dan dana abadi riset.

“Pemerintah sekarang, dengan Bekraf, kita akan mengembangkan kebudayaan dan festival kebudayaan di berbagai negara, ini cita-cita besar,” ujar Ma’ruf Amin.(red/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here