61 Tahun Eksistensi Kowal, Bukti Pengabdian Pada Negeri

0

Koran Jurnal, Jakarta – “Kowal Tangguh dan Hebat Menuju Indonesia Maju”, merupakan tema yang diangkat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61 Kowal yang diperingati pada setiap tanggal 5 Januari.

Berbagai rangkaian kegiatan sukses digelar Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) seperti lomba ketangkasan yang dilaksanakan di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (14/12), yaitu lomba Menembak, Bongkar Pasang Senjata, dan Renang Estafet Militer yang diikuti oleh prajurit Kowal perwakilan masing-masing kotama.

Wakil Asisten Personalia Kasal (Waaspers Kasal) Laksamana Pertama TNI Dery Triesananto Suhedi mewakili Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI P. Rahmad Wahyudi membuka secara langsung perlombaan HUT ke-61 Kowal dan memberikan penekankan kepada seluruh peserta untuk terus menjaga sportivitas dan menumbuhkan semangat juang yang tinggi sebagai bentuk komitmen dalam pengabdian penuh untuk negeri.

Kegiatan lomba ketangkasan ini turut dihadiri juga oleh para Perwira Tinggi yang juga merupakan seorang Kowal seperti Kapuspsi Mabes TNI Laksamana Muda TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, Ir Kolinlamil Laksamana Pertama TNI Damayanti dan Aspers Pangkoarmada RI Laksamana Pertama TNI Tresna Kusumawati.

Pada cabang menembak, para peserta menggunakan Pistol jenis SIG-Sauer P226 berjarak 20 meter yang diikuti oleh 10 tim dengan penilaian secara beregu dan Dueliing Plat.

Di cabang Perlombaan bongkar pasang senjata, peserta lomba menggunakan senjata yang telah ditetapkan oleh panitia yaitu senjata laras panjang SS1 dan Pistol Sig Sauer P226 dan diikuti 14 orang peserta.

Sedangkan di cabang renang estafet militer jarak 200 meter, diikuti oleh 9 tim dimana masing-masing tim terdiri dari 3 pemain inti dan 1 cadangan. Peserta lomba renang estafet juga diwajibkan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI AL.

Srikandi Laut yang berhasil membawa pulang gelar pemenang di cabang menembak beregu yaitu Juara I diraih Kormar, Juara II Mabesal 1, Juara III Mabes TNI, dan Juara Harapan adalah mabesal 2.

Kategori Dueliing Plat prajurit kowal yang menjadi Juara I diraih Mabesal 1, Juara II Mabes TNI, dan Juara III Pushidrosal, dan Juara Harapan gabungan tim Koarmada RI dan Lantamal III.

Di kategori Bongkar pasang senjata, Juara I diraih oleh gabungan tim Koarmada RI dan Lantamal III, Juara II Mabesal 2, Juara III Mabesal 3, dan juara harapan Mabes TNI.

Hasil perlombaan renang militer estafet, Juara I Tim Mabesal 2 dengan waktu 2 menit 45 detik, Juara II oleh Tim Kolinlamil dengan waktu 3 menit 12 detik, Juara III oleh tim gabungan Koarmada RI dan Lantamal 3 dengan waktu 3 menit 19 detik dan Juara Harapan 1 oleh tim Korps Marinir dengan waktu 3 menit 24 detik.

Selain lomba menembak, renang estafet dan bongkar pasang senjata akan dilaksanakan juga lomba lari estafet beregu. Pelaksanaan lomba dalam rangka HUT ke-61 Kowal digelar oleh seluruh Srikandi Laut dimasing-masing wilayah seluruh Indonesia.

Sebelumnya menyambut hari ulang tahunnya, Kowal juga melaksanakan beberapa kegiatan lain yaitu anjangsana ke kediaman Purnawirawan Kowal, ziarah ke makam Nyi Ageng Serang Yogyakarta, Bakti sosial di Jakarta dan Cianjur, bakti Kesehatan, serta Donor darah dan akan melaksanakan syukuran pada 5 Januari 2024 mendatang.

Pelaksanaan lomba ketangkasan dalam rangka HUT ke-61 Kowal merupakan langkah pembinaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) selaras dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali diberbagai kesempatan dalam meningkatkan kesiapan, kemampuan, dan ketangkasan SDM sebagai benteng utama menuju kejayaan angkatan laut yang “Jalesveva Jayamahe”.(disp)