TNI AL dan BIG Tandatangani Perjanjian Kerjasama di Bali

0

Koran Jurnal, Bali – Guna melanjutkan sinergi antar institusi, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan pada acara pertemuan bertaraf internasional, yaitu International Hidrographic Organization (IHO) the 15th Marine Spatial Infrastructures Working Group (MSDIWG-15) di Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali, Senin (4/3/2024).

TNI Angkatan Laut yang diwakili Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto dan Kepala Badan Informasi Geospasial (Ka BIG) Muh. Aris Marfai melaksanakan penandatanganan kerjasama sebagai sinergi dalam penguatan dukungan teknis data batimetri untuk pemutakhiran peta navigasi laut di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dan perairan strategis.

Salah satu tugas Pushidrosal melakukan pemetaan laut begitupun dengan BIG melakukan pemetaan sehingga ke depan dapat dapat bersinergi untuk kemajuan bangsa Indonesia yang lebih baik.

BIG dan Pushidrosal telah bekerjasama dalam sejumlah kegiatan, seperti survei landas kontinen, pelatihan Standards of Competence for Category “B” hydrographic Surveyors, batimetri nasional (batnas), pengumpulan, penelahaan, dan pembakuan Nama Rupabumi Wilayah Laut (NRWL), integrasi data pasang surut ke Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC), survei penentuan batas maritim wilayah Indonesia, serta integrasi layer Electronic Nautical Chart (ENC) Pushidrosal ke Sistem Informasi Pulau (SIPULAU), submisi data NRWL ke Sub-Committe Undersea Features Names (SCUFN).(disp)