Kementan Terima Mobil Pengering Jagung Buatan PT CPIN

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Kementerian Pertanian menerima satu unit mobil pengering jagung (mobile corn dryer) dari
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN).

Kendaraan yang dilengkapi dengan mesin pengering jagung tersebut merupakan buatan karya anak bangsa, untuk disumbangkan kepada Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA).

Penyerahan langsung dilakukan oleh Komisaris Utama PT CPIN T. Hadi Gunawan kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, bertempat di halaman Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA), Kanpus Kementan, Jakarta Selatan, Jum’at (03/08/2018).

Dalam kesempatan itu, Mentan Andi Amran Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk atas mobil pengering jagung tersebut.

“Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf dan mitra teman-teman semua saya ucapkan terima kasih,” ucap Mentan.

Mentan menyambut baik mobil pengering jagung hasil karya anak bangsa, yang dapat meningkatkan produktivitas petani.

“Ini adalah terobosan baru lagi. Putra-putri terbaik menemukan alat pengering dryer dan pertama di Indonesia. Ini atas perintah bapak presiden setelah mendengar keluhan di lapangan, bahwa harga terkadang jatuh karena kadar air. Sekarang ini kita bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh petani Indonesia dulunya kita impor 3,6 juta sekarang kita sudah ekspor. Sekarang kita ekspor, kita sudah membalikkan keadaan impor menjadi ekspor,” ujar Mentan.

Komisaris Utama PT CPIN T. Hadi Gunawan mengatakan, penyerahan mobil pengering jagung ini sebagai bentuk nyata dari komitmen Charoen Pokphand untuk mendukung petani jagung di dalam negeri.

Charoen Pokphand Indonesia berharap petani jagung tidak lagi kesusahan dalam upaya mengeringkan jagung setelah panen.

“Dengan mobil ini kita dapat menjemput bola, mendekatkan fasilitas ke sentra produksi jagung terutama yang jauh dari fasilitas. Mempermudah mengurangi biaya produksi, transportasi pasca panen,” jelasnya.

Selain membantu para petani, mobil ini juga diharapkan dapat membantu program Kementan dalam menjaga swasembada jagung di dalam negeri.

“Unit mobil pengering jagung, semoga bermanfaat untuk petani dalam mempertahankan swasembada jagung,” pungkasnya.

Manfaat unit mesin pengering jagung

Mobil Pengering Jagung ini mampu mengeringkan jagung sebanyak 1 ton hanya dalam waktu 1 jam. Keuntungan bagi petani adalah pengeringan jagung dengan menggunakan alat ini dapat dilakukan pada musim penghujan.(red)