Presiden Jokowi Beri Arahan kepada 3.316 Babinsa se Sumatera

0

Koran Jurnal, Jambi – Sebanyak 3.316 personel Babinsa (Bintara Pembina Desa) se-Sumatera, menerima arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bertempat di Balairung Pinang Masak, Universitas Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (16/12/2018).

Dalam sambutan dan arahannya, Presiden memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Babinsa baik yang berada dipenjuru tanah air atas pengabdian, atas dedikasi, atas kerja keras bersama-sama dengan Polri menjalankan tugas Negara menjaga keamanan dan menjaga ketertiban selama melaksanakan tugas dilapangan.

Sebagai Kepala Negara dan Panglima Tertinggi TNI, Presiden Jokowi memberikan perhatian yang sangat besar atas peningkatan profesionalisme, yang terutama berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa.

Tahun lalu (2017) saya sudah perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk siapkan anggaran bagi peningkatan tunjangan kinerja Babinsa dan mulai Juli kenaikan tunjangan Babinsa sudah diterima.

Adapun rincian kenaikan tunjangan Babinsa tersebut, yakni untuk Babinsa Tipe A dari Rp. 104.000/bulan, menjadi Rp.900.000/bulan sedangkan untuk Babinsa Tipe B dari Rp.440.000/bulan menjadi Rp.1.200.000/bulan.

Tujuan dinaikkannya tunjangan kinerja Babinsa, kata Presiden, “karena saya tau Babinsa adalah berada pada posisi barisan terdepan dalam menjaga keamanan, dalam menjaga kedaulatan, ikut dalam menjaga ketertiban yang ada di desa-desa dan kalau kita sadar dan tau bahwa Negara kita adalah Negara yang sangat besar”.

“Kita memiliki 74 ribu Desa, memiliki 60 ribu Babinsa seluruh tanah air dan Indonesia memiliki 17 ribu pulau serta Negara kita banyak memiliki perbedaan yang majemuk,” ujar Presiden.

“Kita juga memiliki 714 suku dan 1.100 lebih bahasa daerah/lokal, 514 Kabupaten dan Kota serta 34 Provinsi betapa Negara kita Negara yang sangat besar. Akhirnya pada kesempatan ini saya mau titipkan pada seluruh anggota Babinsa yang pagi hari ini hadir dan apa yang harus kita lakukan,” tambahnya.

Sebagian tugas-tugas yang saudara kerjakan dilapangan, lanjut Presiden, mempunyai tantangan yang dihadapi kedepan yang semakin hari bukan semakin mudah tetapi semakin besar dan semakin sulit.

“Babinsa harus memiliki kemampuan dan komunikasi sosial bergaul dengan komponen masyarakat, bergaul dengan sesama TNI dan Polri”, ungkapnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi tiba di Balairung Pinang Masak Universitas Jambi pada pukul 08.30 WIB, didampingi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P, Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa, Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis, dan Forkopinda Provinsi Jambi.(red)