HUT ke-16 BPH Migas Gelar ‘Hilir Migas Expo 2019’

0

Koran Jurnal, Jakarta – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menggelar event Hilir Migas Expo 2019 yang berlangsung 27-28 September 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jum’at (27/09/2019).

Penyelenggaraan acara itu dalam rangka mendorong pertumbuhan kegiatan Usaha Hilir Migas serta sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Pertambangan ke-74 dan menyambut Hari Ulang Tahun BPH Migas ke-16. Acara bertema “Menyongsong Revolusi 4.0 dalam Industri Hilir Migas”, resmi dibuka oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar serta Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa.

Dari pantauan pewarta di lokasi, turut hadir dalam pembukaan Hilir Migas Expo 2019, diantaranya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, serta sejumlah pejabat ESDM, pejabat daerah dan stakeholder.

Ditemui dalam acara pembukaan HME, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar menyambut baik pelaksanaan Hilir Migas Expo 2019.

“Kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dalam pembenahan tata kelola kegiatan hilir migas yang dituntut untuk memiliki pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, dan berbiaya murah,” ujar Arcandra.

“Saya harapkan BPH Migas dapat menuju ke arah tersebut karena tugas BPH Migas kedepan akan semakin berat. Tuntutan kemajuan teknologi yang begitu pesat serta pola gaya hidup manusia akan menjadi ancaman dalam pengelolaan kegiatan hilir migas,” harapnya.

Selanjutnya, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa mengatakan, “HME ini adalah event pertama kami yang kami harapkan dapat mendorong pertumbuhan kegiatan di usaha hilir migas, di acara ini pun kami siapkan business dealing area untuk para Badan Usaha yang memang akan melakukan kerjasama, karena kami membuka ruang dan waktu bagi para Badan Usaha di sektor Hilir Migas untuk dapat berinteraksi. Kami harapkan ini dapat menjadi momentum pengelolaan Hilir Migas yang lebih baik”.

Adapun rangkaian acara Hilir Migas Expo 2019 terdiri dari kegiatan-kegiatan seperti seminar dengan beberapa pembicara yang ahli dibidangnya serta pameran yang diikuti oleh Badan Usaha, Perguruan Tinggi, dan unit-unit di lingkungan Kementerian ESDM.

Dalam kesempatan itu, BPH Migas juga memberikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan kepada Bupati dan Badan Usaha yang telah memberikan dukungan penuh terhadap program-program Pemerintah. BPH Migas menganugerahkan kepada Bupati/Pemerintah Daerah Terbaik yang telah melaksanakan Program BBM 1 Harga, Bupati/Pemerintah Daerah Terbaik yang telah melaksanakan Program Sub Penyalur BBM, serta kepada para Badan Usaha yang telah memberikan kontribusi besar serta patuh dalam pengeloaan PNBP iuran.(rls/red)