Haidar Alwi Menduga Demonstrasi Anarkis Ditunggangi HTI

0

Koran Jurnal, Jakarta – Tokoh penggiat anti radikalisme dan rasisme, Haidar Alwi menduga, demonstrasi yang dilakukan para mahasiswa dan pelajar ditunggangi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Haidar mengatakan, prihatin terhadap  demo yang semula damai, bisa menjadi anarkis dalam sekejap. Menurutnya, hal itu menjadi pertanyaan besar, dan ada benang merahnya.

“Kita tau, demo mahasiswa semula damai, namun tiba-tiba anarkis? Itu perlu dipertanyakan,” ujar Haidar, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (29/09/2019) malam.

Menurutnya, rentetan demonstrasi tersebut masih dalam satu benang merah. Haidar menilai, seperti ada agenda anarkis untuk menyerang pemerintah.

“Bukannya saya menuduh jika ada yang ‘bermain’. Tapi kok bisa aksi terjadi berdekatan. Saya menduga ini ulah kelompok radikalis,” tutur Haidar.

Berbeda dengan mahasiwa. Haidar menuturkan, tuntutan yang disampaikan oleh para pelajar pada Rabu kemarin (24/9) tidaklah jelas.

“Tuntutan pelajar tidak jelas begitu, bisa dibilang lebih kearah anarkis. Saya menduga, pasti ada yang menunggangi itu,” tuturnya.

Haidar mengimbau kepada para pelajar dan mahasiwa agar tidak terlibat dalam aksi-aksi anarkis seperti saat kemarin. Menurutnya, demonstrasi ditengah dinamika politik saat ini rentan ditunggani oleh oknum radikalis yang ingin menjatuhkan pemerintahan sah.

“Saya menduga, HTI (Hizbut-Tahrir Indonesia) masih sakit hati dengan pak Jokowi karena dibubarkan. Jadi dugaan saya, mereka akan melakukan apa saja untuk upaya balas dendam,” pungkasnya.(red)