Pushidros TNI AL Dirikan Ruang Dekontaminasi Guna Cegah Covid-19

0

Koran Jurnal, Jakarta – Sejak semakin mewabahnya Virus Corona (Covid-19) ditetapkan pemerintah sebagai wabah Pandemi yang semakin menginfeksi banyak orang, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mengambil langkah preventif mendirikan ruang Dekontaminasi di Lapangan Apel Mako Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Senin (23/03/2020).

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. dalam hal ini menegaskan, konsep dari ruang Dekontaminasi tersebut adalah mematikan virus dan bakteri yang ada pada tubuh setiap anggota personel dan PNS serta tamu yang masuk ke Mako Pushidrosal dengan cara menyemprotkannnya ke tubuh selama beberapa detik, guna mengantisipasi penyebaran virus atau bakteri tersebut.

Sebelum memasuki ruang Dekontaminasi, personel yang tiba di Pushidrosal di wajibkan diperiksa Suhu Tubuh dengan menggunakan Thermometer Infrared, selanjutnya sterilisasi menggunakan cairan hand sanitizer yang disediakan oleh anggota Satkes Pushidrosal.

Cairan Disinfektan yang digunakan tersebut merupakan cairan Sodium Hypoclorite yang dapat membasmi kuman yang menempel di tubuh ataupun pakaian yang dikenakan oleh personel sekalipun.

Tindakan ini akan selalu di gelar sampai dengan batas waktu yang blm bisa ditentukan, dengan harapan dapat menekan angka tingkat kerawanan bagi personel dan PNS yang masuk Mako Pushidrosal.(disp/red)