Pushidros TNI AL Latihan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

0

Koran Jurnal,  – Seluruh Prajurit Pushidrosal melaksanakan latihan simulasi penanggulangan kebakaran menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berjenis CO2, Dry Chemicals dan Clean Agent di lapangan apel Markas Komando Pushidrosal setelah apel pagi dilaksanakan, di Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (13/07/2020)

Kegiatan rutin yang dilakukan setiap enam bulan sekali tersebut, dimaksudkan agar setiap personel Pushidrosal memiliki respon yang cepat untuk dapat menanggulangi atau pencegahan dini apabila terjadinya bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Di harapkan setiap personel dapat memahami dan dapat mengimplementasikannya apabila terjadi kebakaran sehingga kerugian personel dan materiil dapat dihindari.

Dalam latihan ini Perwira Staf Oprasi (Pasops) Denma Mako Pushidrosal Mayor Laut (P) Taufik dibantu oleh staf nya Peltu Laut Faturachman untuk memberikan materi dan menjelaskan tentang teori penanggulangan dan pencegahan apabila terjadinya kebakaran.

“Saat pemberian materi juga diperagakan bagaimana personel menggunakan alat-alat pemadam kebakaran tersebut dengan cepat dan tepat, apabila tidak dilakukan dengan cepat maka akan berakibat fatal, akhirnya api semakin besar dan mungkin bisa membahayakan diri sendiri,” ujarnya.

Baju anti Api, selang, sepatu, dan Alat Pelindung Diri (APD) dari Api serta perlengkapan lainnya ikut di gelar untuk diperkenalkan dan dipraktekkan kepada personel guna penyelamatan korban apabila terjadi kebakaran.

“Ada beberapa pedoman yang harus dilakukan apabila ingin memadamkan api saat terjadinya kebakaran yang pertama dilakukan adalah matikan arus listrik yang berada di sekitar lokasi kebakaran, ambil alat pemadam kebakaran atau Apar dan yakinkan ada isinya atau tidak, lalu mencari titik api, jangan sekali-kali berlawanan arah dengan angin saat kita memadamkan api harus searah dengan arah angin, setelah itu cabut pin/kunci di Apar lalu lakukan penyemprotan di titik api/sumber api dipastikan hingga mati dan terakhir kunci kembali Apar dan kembalikan pada tempatnya,” tambah Pasops.

Latihan simulasi penanggulangan kebakaran ini merupakan salah satu program latihan operasi matra laut (Latopsmatla) Pushidrosal Tahun Anggaran 2020.