Resmikan Satsiber Dispamsanau, KSAU: Internet Berevolusi menjadi Domain Sarana untuk Pertempuran

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. mengatakan, kemajuan teknologi di bidang internet memberi banyak kemudahan serta mengubah cara hidup manusia dalam menangani suatu permasalahan, internet juga berevolusi menjadi salah satu domain yang dapat digunakan sebagai sarana untuk pertempuran.

Hal tersebut disampaikan Kasau saat meresmikan Satuan Siber (Satsiber) Dinas Pengamanan dan Persandian Angkatan Udara (Dispamsanau) di Gedung I.G. Dewanto Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/09/2020).

Lebih lanjut KSAU mengatakan, spectrum ancaman dan bentuk peperangan masa depan, akan ter-disrupsi secara ekstrem oleh unprecedented technology, dimana salah satunya adalah kemampuan Siber.

“Karakter ancaman dan bentuk peperangan yang semakin tidak bisa diprediksi, menjadi tantangan tersendiri bagi militer di seluruh dunia, termasuk Indonesia khususnya TNI AU, hal ini lah yang menjadi pendorong pembentukan Satuan Siber agar mampu menangani permasalahan ini,” tegas KSAU.

Kasau menekankan agar setiap personel Satsiber dapat menjadikan tugas sebagai sebuah kehormatan, gunakan kesempatan untuk jadikan dasar dan fondasi yang kokoh sehingga akan memberikan pengaruh yang besar bagi kemajuan dan kejayaan TNI AU.

Satuan Siber Dispamsanau merupakaan salah satu upaya TNI AU untuk mencegah, menanggulangi, memulihkan, dan menindak serangan Siber terhadap infrastruktur Angkatan Udara yang memanfaatkan berbagai macam celah keamanan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakasau, Irjenau, para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, Kadispenau dan para pejabat lingkungan Mabesau.(disp/red)