Lanal Bengkulu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Pam Pilkada

0

Koran Jurnal, Bengkulu – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka mendukung dua tugas penting yakni Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Bengkulu Tahun 2020. Apel dipimpin oleh Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS Lanal, di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal, Jalan R.E. Martadinata No. 10 Kota Bengkulu, Rabu (16/09/2020).

Dalanal Bengkulu dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan dan peralatan ini dilaksanakan dalam rangka cek dan ricek serta fungsi kontrol kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan kesiapan Lanal Bengkulu guna mendukung Pengamanan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak baik itu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu serta Pemilihan Bupati dan Walikota di Provinsi Bengkulu bulan Desember Tahun 2020 mendatang.

“Apel kesiapan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan mental dan kesehatan prajurit, kesiapan sarana dan prasarana pendukung, serta menyampaikan arahan dari pimpinan pusat agar dapat langsung dipahami seluruh personel Lanal Bengkulu,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, selain telah ada Tim Gabungan dari Pemerintah Daerah bersama TNI-POLRI, Lanal Bengkulu juga berperan aktif secara mandiri untuk melaksanakannya. Sedangkan untuk kesiapan Pengamanan Pilkada, sesuai amanah UU Nomor 34 Tahun 2004, TNI wajib menjaga netralitas dan terciptanya kondusifitas keamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah. Dalam pengerahan pasukan pun kita tetap harus sesuai prosedur permintaan bantuan dari Polri.

“Saya perintahkan untuk prajurit Lanal Bengkulu untuk netral dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik dan Ajauhkan diri dari kegiatan politik praktis serta tetap jaga profesionalisme,” pungkas Danlanal Bengkulu.

Selama kegiatan berlangsung, tetap menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan jaga jarak.(disp/red)