Peringati HUT Ke-70, Lantamal III Gelar Donor Darah

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., meninjau pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-70 Lantamal III mengusung tema “Indahnya Kebersamaan”, dengan mengundang Tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta, berlangsung di Ruang Serbaguna Mako Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No.2 Ancol Jakarta Utara, Kamis, (22/10/2020).

PMI telah membuat protokol kesehatan terkait pelaksanaan donasi darah di masa pandemi Covid-19, yakni dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum berdonasi, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan.

“Ketersediaan stok darah di masa PSBB, banyak dibantu oleh TNI, Polri, ASN, termasuk saat ini dilaksanakan di Lantamal III Jakarta, sebanyak 132 kantong darah @450 ml.” ungkap dr Linda Lukitari Waseso (Pengurus Bidang Donasi Darah PMI Pusat).

Masyarakat diimbau untuk menyumbangkan darahnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah donor (pemberi sumbangan) membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun hingga saat ini penurunan stok darah sekitar 10-20 persen. Ditengah pandemi Covid-19, kebutuhan darah tetap ada untuk berbagai terapi penyakit, mulai dari yang membutuhkan darah rutin seperti pasien penyakit thalasemia atau kanker, hingga penyakit yang tidak rutin seperti demam berdarah, kecelakaan, atau ibu melahirkan.

Komandan Lantamal III menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan tindak lanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar senantiasa membantu masyarakat ditengah Pandemik Covid-19, salah satunya dengan cara menggelar donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.(disp/red)