Danrem 174 Merauke Bersama Enam Kepala Suku Resmikan Dua Koramil di Kabupaten Asmat Papua

0

Koran Jurnal, Merauke – Komandan Korem (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko bersama 6 (enam) Kepala Suku Distrik Atsy dan Distrik Suator meresmikan 2 (dua) Koramil sekaligus di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Dua Koramil yang diresmikan yaitu Koramil 1707-19/Atsy dan Koramil 1707-20/Suator jajaran Kodim 1707/Merauke Korem 174/ATW. Pelaksanaan peresmian dua Koramil tersebut dilakukan secara terpusat di Koramil 1707-19/Atsy, Distrik Atsy, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Jum’at (09/04/2021).

Pada kunjungan kerjanya di Distrik Atsy, Kabupaten Asmat, Papua, dalam rangka peresmian dua Koramil tersebut, Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko didampingi Ny. Renny Bangun Nawoko bersama rombongan menggunakan pesawat jenis MAF yang bisa mendarat langsung di air, dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Bandara Mopah Merauke.

Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos. dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih atas bertambahnya dua  Koramil di Kabupaten Asmat.

“Saat ini di Kabupaten Asmat sudah ada enam Koramil dan saya berharap kedepannya bisa bertambah, sehingga keamanan dan ketertiban yang dapat membantu percepatan kemajuan pembangunan di Asmat semakin baik lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Tokoh Masyarakat Kampung Yasiu Bapak Emanuel Koram mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan bangga karena sebelumnya Pos Ramil Atsy dan saat ini sudah menjadi Koramil 1707-19/Atsy.

“Dengan diresmikan Koramil Atsy kedepannya banyak pemuda pemudi asli Asmat, khususnya daerah Atsy termotivasi untuk bisa masuk menjadi TNI AD, sehingga bisa ikut serta menjaga keamanan dan membangun daerahnya sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko diawal sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang dengan antusias turut hadir dan mendukung sejak awal sampai pada acara peresmian Koramil 1707-19/Atsy dan Koramil 1707-20/Suator di wilayah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

“Selain saya, peresmian dua Koramil ini juga diresmikan dan ditandatangani langsung oleh enam Kepala Suku dari suku wilayah Distrik Atsy dan Distrik Suator, sehingga diharapkan keberadaan Koramil 1707-19/Atsy dan Koramil 1707-20/Suator menjadi milik bersama masyarakat Distrik Atsy dan Distrik Suator,” kata Danrem 174 Merauke.

Danrem Brigjen TNI Bangun Nawoko berharap dengan berdirinya Koramil Atsy dan Koramil Suator ini para prajurit anggota Koramil dapat menghadirkan semangat baru dan karya-karya nyata demi kemajuan satuan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Distrik Atsy dan Distrik Suator, guna terciptanya stabilitas keamanan dalam bingkai NKRI.

Turut hadir pada acara peresmian diantaranya Kasrem 174 Merauke Kolonel Arh  Hamim Tohari, M.A., Kasi Intel Korem 174 Merauke Kolonel Inf Enjang, S.I.P., Kasiter Korem 174 Merauke Kolonel Inf Ganiahardi, Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Muh. Rois Edy Susilo, S.T., Kapolres Asmat AKBP Dani Gumilar, S.I.K., Ketua DPRD Kabupaten Asmat Bapak Yowel Manggaprao  dan para Kepala Kampung serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat di wilayah Distrik Atsy dan Distrik Suator.(pen/red)