Dukung Percepatan Cetak Peta Laut, Pushidros TNI AL Gelar Pelatihan POD

0

Koran Jurnal, Jakarta – Guna percepatan dalam pencetakan Peta Laut Indonesia (PLI), Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar pelatihan Print on Demand (POD bertempat di Ruang Labsa Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Asisten Personel (Aspers) Pushidrosal Kolonel Laut (P) Amril, S.T., M.M. mewakili Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. Senin (19/04).

Pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 19 – 23 April 2021 ini melibatkan 20 peserta anggota dari Satker Pushidrosal dan dilaksanakan secara teori dan praktek, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang proses pencetakan peta laut berupa peta kertas kepada personel dengan sistem Print on Deman (POD) bagi yang terlibat didalam pendistribusian peta laut Pushidrosal.

Danpushidrosal dalam sambutan yang disampaikan Aspers Danpushidrosal antara lain mengatakan bahwa pencetakan petak laut dengan sistem POD merupakan solusi dalam meningkatkan fungsi pelayanan kepada para pengguna laut, karena dengan sistem POD, para pengguna laut dapat memperoleh peta kertas terbaru dengan data terupdate, di sisi lain proses pencetakan yang dilaksanakan menjadi lebih efisien dan tepat guna.

Lebih lanjut dikatakan Danpushidrosal, Strategi penyediaan Peta Kertas sesuai permintaan (POD) memungkinkan pengguna Peta Laut dalam hal ini adalah para pelaut dan penggiat aktivitas kemaritiman memperoleh jaminan dalam mendapatkan data yang terbaru. Dalam hal ini sangat mendukung dan inline dengan misi Pushidrosal untuk selalu memberikan data Hidrografi terbaru bagi para pelaut dan Instansi terkait yang berkepentingan di bidang kemaritiman.(disp/red)