Calon Pimpinan TNI dan Polri Kunjungi Muspusdirla di Yogyakarta

0

Koran Jurnal, Yogyakarta – Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Kamuspusdirla) Kolonel Sus Yuto Nugroho menerima kunjungan 65 Taruna Tingkat III di Halaman Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Jum’at (28/05/2021).

Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kunjungan Taruna Akademi TNI dan Akademi Polisi Tingkat III semester I TA. 2021, yang digelar dari tanggal 26 hingga 29 Mei 2021.

Dalam sambutannya, Kamuspusdirla menyampaikan kebanggaan atas kunjungan para taruna. Kamuspusdirla berharap, dengan mengunjungi Muspusdirla para taruna dapat menyerap semangat pengabdian dan rela berkorban dari para pendahulu TNI Angkatan Udara, sebagai bekal dalam berbakti kepada nusa dan bangsa.

Di hadapan para taruna, Kamuspusdirla juga menekankan pentingnya integrasi. Menurutnya, TNI Polri dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI harus dilandasi dengan semangat kebersamaan, kekompakan, rasa setia kawan serta seperjuangan.

“Semangat kebersamaan, kekompakan, rasa setia kawan serta seperjuangan tidak bisa didapat secara instan, namun harus dibentuk. Untuk itulah para taruna wajib menjaga tidak saja di masa menjadi taruna, tetapi juga dalam kedinasan kelak,“ ujar Kamuspusdirla.

Selama kunjungan di Muspusdirla, para taruna mendapat penjelasan seputar sejarah, perkembangan dan andil TNI AU dalam kancah perjuangan dari Pemandu Museum, PNS Mukijo. Dalam panduannya juga dijelaskan kegagahan putra-putra TNI Angkatan Udara dalam menjaga dirgantara Indonesia.

Sementara pengasuh Taruna Akademi Angkatan Udara, Mayor Pnb Fariana, mengungkapkan, dipilihnya Muspusdirla sebagai obyek kunjungan dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Taruna Akademi TNI dan Akademi Polisi bukan tanpa alasan. Menurutnya kunjungan ke Muspusdirla, selain sebagai sarana pengenalan kedirgantaraan juga untuk membangun semangat kepahlawanan.

Sebelumnya memulai kunjungan, anggota Muspusdirla menyampaikan kepada para taruna dan pendamping agar selama di areal Muspusdirla selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti ukur suhu, mencuci tangan dan menjaga jarak, mengingat kunjungan dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

“Muspusdirla dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan, adapun setiap pengunjung diwajibkan GeNose C-19 sebelum masuk ke Muspusdirla,” pungkas Kamuspusdirla.(disp/red)