Kemenkominfo Blokir Aplikasi PeduliLindungi Palsu, Masyarakat Diminta Waspada

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI melakukan pemutusan akses (blokir) terhadap situs palsu pedulilindungia.com

“Saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (Internet Service Provider),” ujar juru bicara (jubir) Kemkominfo Dedy Permadi dikutip oleh liputan6, Kamis (09/09/2021).

Dilansir dari liputan6, Juru Bicara Kemekominfo, Dedy Permadi mengatakan, situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh pemerintah untuk melakukan penanganan Covid-19.

“Seluruh Isi (content) dan informasi dalam situs palsu tersebut tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun,” terang Dedy.

Dalam kesempatan berbeda, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat waspada terhadap segala bentuk pemalsuan informasi yang terkait dengan PeduliLindungi.

“Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apa pun,” kata Wiku dalam konferensi persnya, (10/9).

Penjelasan dan imbauan itu disampaikan pemerintah menyusul munculnya situs palsu pedulilindungia.com yang beredar baru-baru ini di dunia maya.

Satgas mengingatkan masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store atau Google PlayStore.(*)