Serbuan Vaksinasi Massal TNI AL Kembali Sasar Masyarakat Maritim Kalibaru Jakarta Utara

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 dan menciptakan kekebalan komunal (herd immunity), TNI Angkatan Laut kembali menggencarkan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritim, bertempat di SMPN 53, Jalan Tanah Merdeka, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (20/09/2021).

“Pushidrosal hadir di SMPN 53 Jakarta Utara dalam rangka kegiatan serbuan vaksin TNI Angkatan Laut yang menyasar pada masyarakat maritim,” kata Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P, saat meninjau kegiatan vaksinasi.

Dalam kesempatan itu, Danpushidrosal menyampaikan, serbuan massal vaksinasi Covid-19 di kawasan Kalibaru ini merupakan respon TNI AL dalam hal ini Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dalam memenuhi permintaan masyarakat akan tingginya kebutuhan vaksin di kawasan maritim tersebut.

“Kebetulan disini (masyarakat Kalibaru) antusias masyarakat masih sangat banyak,” ujar Danpushidrosal.

Kegiatan vaksinasi massal diselenggarakan bekerja sama dengan Puskesmas Kalibaru yang dipusatkan di SMPN 53 Jakarta Utara ini sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., kepada satuan-satuan TNI AL dalam rangka turut menyukseskan program vaksinasi nasional.

“Target kita disini 400 vaksin, kemudian jenis vaksinnya ada Sinovac, Astra Zeneca dan Pfizer,” jelas Danpushidrosal.

Pushidrosal sebagai pelaksana lapangan dalam kegiatan ini menerjunkan 14 Vaksinator dari Dinas Kesehatan Pushidrosal, dengan menargetkan peserta vaksinasi sebanyak 400 orang, yang diperuntukkan bagi anak-anak berusia mulai dari 12 Tahun hingga 17 Tahun dan orang dewasa berusia 18 tahun hingga 59 tahun. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin Sinovac tahap II, Astra Zeneca tahap II serta Pfizer Tahap I.

Kegiatan dimulai pada Pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB dengan melaksanakan beberapa tahapan vaksinasi, yaitu registrasi untuk input data, screening yaitu pengecekan kesehatan dan riwayat kesehatan, dilanjutkan penyuntikan vaksinasi dan observasi yaitu pengamatan kejadian pasca vaksinasi selama 30 menit. Proses Vaksinasi dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat.

Selain itu untuk mendukung program pemerintah dalam pemenuhan vaksinasi secara nasional, Pushidrosal juga secara rutin melaksanakan Vaksinasi di Markas Komando Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara. Vaksinasi tersebut dilaksanakan setiap hari Senin dan Jum’at, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja serta masyarakat sekitar.(disp/red)