Besok 17 Agustus, Bendera Merah Putih Bawah Laut Serentak Berkibar di 77 Lokasi Jajaran TNI AL

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, besok 17 Agustus upacara dan pengibaran bendera merah putih bawah laut di 77 lokasi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI dilakukan secara serentak dan dipusatkan di Pulau Putri Kepulauan Seribu.

“Akan dilaksanakan besok pagi (17/8/2022) untuk upacara penaikan bendera di dasar laut di 77 lokasi di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut. Pengibaran dilakukan secara serentak dan dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu,” kata KSAL Laksamana Yudo Margono, kepada wartawan usai melaksanakan prosesi penyerahan bendera merah putih kepada tim pengibar di Markas Besar (Mabes) TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/8/2022).

Laksamana Yudo Margono mengaku, pengibaran bendera merah putih bawah laut ini merupakan komitmen dirinya sedari awal. Menurutnya, hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa TNI AL siap menjaga kedaulatan dan kemanan di seluruh wilayah laut Indonesia.

“Ini komitmen saya dari awal untuk mengibarkan bendera merah putih di dasar laut untuk mengisyaratkan bahwa TNI AL siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh jajaran wilayah laut Indonesia,” lugas KSAL.

Selain itu, lanjut Yudo, upacara tersebut juga sebagai momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan maritim di Indonesia.

“Tentunya ini juga membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” cetusnya.

Kegiatan pengibaran tersebut, tambah KSAL, akan dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

“Penyelam dari prajurit TNI AL, TNI dan Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, Klub selam, awak media dan masyarakat serentak akan berpartisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI,” pungkas KSAL Laksamana Yudo Margono.