F-16 Fighting Falcon TNI AU Latihan ACM dengan F-15C US PACAF

0

Koran Jurnal, Darwin – Memasuki hari kedua, peserta Latihan Bersama (Latma) Pitch Black ’22, memulai sesi terbang. Pada sesi ini, pesawat F-16 Fighting Falcon TNI AU berlatih Air Combat Maneuver (ACM) dengan pesawat F-15C US PACAF (United States Pacific Air Force), di wilayah udara RAAF Base Darwin, , Australia, Selasa (23/08/2022).

Air Combat Maneuver (ACM) merupakan salah satu latihan pada fase Force Integration Training (FIT) berupa latihan taktik pertempuran udara jarak dekat 2 lawan 1. Kali ini dua pesawat F-16 TNI AU berlatih dengan 1 F-15C US PACAF.

Pada sesi latihan ini, para Penerbang F-16 TNI AU mengaplikasikan taktik cara menghadapi pesawat lawan dengan karakteristik dan performa yang berbeda dari pesawat F-16 TNI AU. Penerbang dituntut mengedepankan teknik mutual support sebagai Engage Fighter dan Supporting Fighter yang efektif. Dengan demikian, para penerbang dapat mengalahkan lawan yang hanya satu pesawat dengan valid shot menggunakan misil jarak dekat, maupun Gunnery.

Diharapkan, dari latihan ini, para penerbang F-16 TNI AU dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi pesawat tempur beda karakteristik dan performa yang dapat digunakan dalam pengembangan taktik dan strategi pertempuran udara di satuan operasional.

Sebelum latihan, terlebih telah dilakukan briefing penerbang secara bersama-sama untuk menciptakan kesepahaman terkait terminologi, Set Up, Trainning Rules, emergency dan Contigency Plan yang akan digunakan guna meminimalisir kesalahpahaman.(disp)