Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam upacara peringatan ke-77 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI), di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu pagi (5/10/2022).

Adapun tema pada peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022 yakni “TNI adalah Kita.”

Bertindak selaku Komandan Upacara, Kolonel Laut (PM) Moh. Erwin Kasirun dan bertindak selaku Perwira Upacara, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya.

Dari pantauan pewarta di lokasi, upacara diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para arwah pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya, dilakukan pengucapan Sapta Marga.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun ke-77 kepada TNI. Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan kerja keras seluruh jajaran TNI.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Seusai prosesi upacara, kemudian Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin menyaksikan atraksi helikopter yang membawa bendera Merah Putih raksasa dan juga atraksi fly pass pesawat tempur TNI.

Melansir laman resmi sekretariat kabinet, Presiden Jokowi juga menyempatkan menyapa perwakilan prajurit TNI yang mengikuti upacara melalui konferensi video. Para prajurit TNI yang disapa Presiden antara lain,

1. Prajurit TNI yang sedang bertugas pada Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat (Yonif 645);
2. Prajurit TNI yang sedang bertugas pada Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pam Puter) Pulau Talaud di Pos Kabaruan, Sulawesi Utara;
3. Prajurit TNI yang sedang bertugas pada Satgas Pamtas RI-Papua Nugini sektor selatan Merauke di PLBN Sota, Papua (Yonif 511); dan
4. Prajurit TNI yang sedang bertugas pada Satgas Pamtas RI-Republik Demokratik Timor Leste di Pos PLBN Motaain, Nusa Tenggara Timur (Yonif 744).

Selain itu, Presiden juga menyaksikan aksi pemecahan rekor MURI water trappen oleh 8.877 peserta secara serentak di 77 titik lokasi perairan Nusantara. Water trappen secara terpusat dilakukan di Sorong, Papua Barat yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beserta Panglima TNI Andika Perkasa serta para Kepala Staf Angkatan bersama rombongan terbatas menuju gerbang Istana Merdeka untuk menyaksikan pameran alutsista dan parade (defile) pasukan TNI.

Hadir secara langsung dalam upacara peringatan ini antara lain Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, serta para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dan juga dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.(skb)