Lantik 37 Penerbang baru, KSAU Ingatkan Wingday Awal Pengabdian

0

Koran Jurnal, Yogyakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. melantik 37 Perwira penerbang muda TNI AU, dalam sebuah upacara Wingday, di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (11/1/2023). Mereka yang dilantik, merupakan lulusan Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU Angkatan 101 dan Sekbang PTTA (Pesawat Terbang Tanpa Awak) Angkatan 4.

Dalam amanatnya KSAU mengingatkan, bahwa Wingday merupakan awal pengabdian seorang penerbang. Untuk menjadi penerbang profesional, dihadapkan dengan tantangan tugas ke depan yang makin kompleks, para penerbang perlu terus mengasah kemampuan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Sebagai penerbang muda TNI AU, kalian akan menghadapi berbagai konsekuensi profesi di setiap langkah pengabdian,” ujar KSAU.

KSAU menambahkan, menjadi penerbang yang mampu memenuhi berbagai kualifikasi ilmu dan kemampuan, menjadi salah satu tantangan yang harus dijawab para penerbang TNI AU.

KSAU berpesan kepada para penerbang muda, untuk selalu memegang teguh prinsip airmanship yang telah ditanamkan selama pendidikan Sekbang.

“Jadilah penerbang yang profesional dan berkomitmen pada tugas serta menjaga kehormatan diri sebagai patriot dan pemimpin yang berkarakter, menjadi teladan dan inspirasi, di mana pun dan pada kondisi apa pun,” pesannya.

Marsekal Fadjar Prasetyo memberikan apresiasi secara khusus kepada 3 wisudawan terbaik yaitu Letda Pnb Muhammad Ervin Adamy, S.Tr (Han), (terbaik Jurusan Fixed Wing), Letda Pnb Arbiansyah Muhammad Rasyed, S.Tr (Han) (terbaik Jurusan Rotary Wing), dan Letda Pnb Alwi Surya Muhammad S.Tr (Han), (terbaik PTTA).

Wingday dimeriahkan demo udara, berupa flypast 4 pesawat Grob G120 TP-A, 6 pesawat KT-1B Wong Bee, 3 pesawat Cessna, dan 2 helikopter EC 120b Colibri. Para orang tua wisudawan yang hadir, juga berkesempatan menyematkan wing penerbang di dada kiri putra – putri masing-masing.

Turut hadir pada upacara wingday, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Komandan Sesko TNI, Pangkoopsudnas, Komandan Kodiklatau, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X., Kapolda DIY, Komandan Korem 072/Pamungkas, Para pejabat jajaran Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam RI, Komandan Lanud Adisutjipto dan para pejabat utama TNI AU lainnya.(disp)