Pushidros TNI AL Terima Kunjungan Kerja Staf Kemenko Marves dan Oceanx 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan kerja Staf Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI dan OceanX bertempat diruang rapat Danpushidrosal, Jakarta Utara, Rabu (8/2/2023) kemarin.

Pada kunjungan tersebut Staf dari Kemenkomarves RI terdiri dari PIC Riset OceanX Anisa dan PIC perijinan Henny. Sementara dari Oceanx terdiri dari Vice Chairman OceanX Mr. Vincent, Media Associate OceanX Mr. Dj. Bergo serta Head of Marine Operation OceanX Mr. Gerald.

OceanX adalah lembaga non pemerintah Internasional yang diketuai dan dibiayai oleh Ray Dalio yang digandeng Kemenkomarves sejak perhelatan G20 di Bali dengan visi untuk membuat sebuah komunitas global para penjelajah, ilmuwan dan pencerita yang berinteraksi dengan erat untuk mendidik, menginspirasi dan melindungi laut guna menuju arah perubahan yang positif.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan rencana kolaborasi Indonesia dan Oceanx dalam riset maritim Oceanx Expedition di perairan Indonesia.

Kedatangan diterima oleh Wakil Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Wadanpushidrosal) Laksamana Muda TNI Budi Purwanto yang didampingi oleh Asopssurta Danpushidrosal, Aspamkersamtas Danpushidrosal, Kadishidro Pushidrosal, Pabanlat Sopssurta, Kadispeta Pushidrosal, Kapusdalpos Pushidrosal dan Perwira Pushidrosal yang terkait.

Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wadanpushidrosal antara lain menyampaikan bahwa terima kasih kepada Kemenkomarves yang telah memberikan kesempatan kepada Pushidrosal untuk menjadi bagian dari kerja sama ini yang sangat didukung oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan.

Ditambahkannya, kerja sama ini sangat penting bagi kepentingan nasional indonesia dan juga bagi masyarakat global. seluruh pemangku kepentingan nasional telah menyatakan dukungannya terhadap ekspedisi ini. pushidrosal akan selalu memberikan sumber daya, kompetensi, jaringan dan segala bentuk bantuan yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan dan sasaran penelitian maritim ini.

Lebih lanjut Danpushidrosal menyampaikan bahwa Kolaborasi penelitian maritim ini sangat penting, tidak hanya untuk keselamatan navigasi, namun juga untuk mengembangkan pengetahuan kelautan dan mendukung ekonomi biru.

“Kami menyadari bahwa hanya sebagian kecil dari perairan Indonesia yang telah dieksplorasi. Oleh karena itu, kolaborasi Indonesia dan Oceanx dalam Oceanx Expedition akan memberikan tambahan data baru dan memperbaharui informasi kelautan. Terkait dengan perencanaan Ekspedisi Oceanx di perairan Indonesia, Pushidrosal akan berkontribusi dalam kerja sama riset maritim Indonesia-Oceanx,” pungkas orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut.(disp)