KSAU Ikuti Rapim TNI – Polri Tahun 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2023 yang berlangsung di _Golden Ballroom_ The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Rapim TNI – Polri dibuka Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, yang sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh peserta Rapim TNI – Polri 2023.

Dalam pengarahannya, Presiden RI minta agar TNI dan Polri memiliki visi yang sama, dalam pembagian tugas. Dengan pembagian tugas yang jelas, maka pelaksanaan tugas mendukung program dan kebijakan pemerintah, termasuk dalam menjaga situasi kondusif masyarakat, dapat berjalan dengan baik.

Presiden RI juga menegaskan, bahwa tugas lain TNI-Polri yang cukup penting adalah menjaga agar industrialisasi dan hilirisasi di lapangan berjalan dengan baik.

“Agar tidak terjadi gangguan-gangguan dan dapat memberantas praktik ekspor dan tambang ilegal yang masih berjalan, perlu pembagian tugas TNI-Polri yang jelas,” ujar Presiden RI.

Sementara Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, menyatakan sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI mempunyai kebijakan dan strategi untuk membantu pemerintah dalam memajukan ekonomi nasional.

“TNI – Polri harus berperan membantu pemerintah mewujudkan pembangunan ekonomi nasional yang berkelanjutan,” ujar Panglima TNI.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo memastikan, Polri akan terus mengawal kebijakan strategis nasional dengan baik, mulai kebijakan ekonomi hingga politik.

Menyikapi situasi politik saat ini, Kapolri menyatakan, Polri bersama TNI, dan bekerjasama dengan Bawaslu, KPU serta tokoh masyarakat akan terus mengawal demokrasi, agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan damai.

Rapim TNI-Polri 2023 mengangkat tema, “TNI – Polri Siap Mendukung Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Rapim TNI-Polri 2023, turut dihadiri sejumlah pejabat negara, yakni Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, serta pejabat penting TNI – Polri lainnya.(disp)