Danpushidrosal Tutup Pertemuan NIOHC ke-22 di Yogyakarta 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku chair NIOHC secara resmi menutup pertemuan International North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) ke-22 bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Rabu (15/02/2023).

Pertemuan NIOHC ke-22 telah berlangsung selama tiga hari, 13-15 Februari 2023 secara face to face dan online. Pertemuan tersebut dihadiri oleh negara-negara anggota NIOHC di antaranya Arab Saudi, Bangladesh, Srilanka, India, Oman, Australia, Pakistan, Mesir, Thailand, Inggris, Malaysia, serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal selaku Chair NIOHC ini mengungkapkan apresiasi kepada semua peserta, yang menghadiri rapat baik langsung atau online, atas kontribusi mereka yang berharga dalam pertemuan NIOHC ke-22 tersebut, sehingga pertemuan dapat berlangsung dengan sukses.

Lebih lanjut dikatakan Danpushidrosal bahwa NIOHC diberi mandat untuk memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan di bidang hidrografi dan pembentukan koordinasi regional, melakukan survei hidrografi bersama di daerah-daerah yang belum tersurvei dengan baik, dan mengkoordinasikan sumber daya hidrografi di kawasan.

“Pertemuan di sini sangat efektif, karena kita telah menyelesaikan banyak hal agenda yang cukup banyak hanya dalam waktu tiga hari. Kami juga menyoroti implementasi s-100 serta mendengarkan pembaruan terkini tentang undang-undang pemetaan di wilayah utara di wilayah samudra hindia. selain itu, juga didiskusikan tentang laporan nasional, kelompok kerja NIOHC, tantangan regional, masukan NIOHC untuk pertemuan IHO, serta perwakilan dari industri dan organisasi terkait yang berhubungan dengan hidrografi untuk mencapai tujuan Bersama” jelas Danpushidrosal.

Pertemuan NIOHC ke-22 dipimpin oleh Laksamana Madya TNI, Nurhidayat (Komandan Pushidrosal) selaku Chair NIOHC dan Director IHO Abri Kampfer.

Agenda pertemuan tersebut diantaranya penyampaian National Report oleh tiap Negara Anggota NIOHC (Member dan Associate Member). National Report ini bertujuan untuk menyampaikan informasi perkembangan yang telah dicapai oleh Lembaga Hidrografi masing-masing negara anggota terkait. Informasi yang disampaikan negara peserta diantaranya penyelenggaraan kemampuan survei hidrografi, kegiatan capacity building maupun kontribusi lembaga hidrografi pada bidang ruang lingkup secara nasional maupun regional seperti Search and Rescue (SAR) dan tanggap bencana alam.

Selain itu juga dibahas tentang perkembangan komite dan kelompok kerja (working group) di NIOHC yang meliputi North India Chart Coordination Working Group (NICCWG), NIOHC Capacity Building serta NIOHC Statute Working Group.(disp)