Pushidros TNI AL Terima Kunjungan Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Malang

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan mahasiswa Institut Teknologi Nasional Malang di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis, (23/2/2023).

Rombongan yang berjumlah 51 mahasiswa berasal dari fakultas teknik sipil dan perencanaan program studi teknik geodesi program pascasarjana (S1) ITN Malang tersebut diterima langsung oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Kunjungan study excursion dengan ketua Field Trip bapak Gabriel Elfrid Virgiluiz Lado Ghenong selama satu hari di Pushidrosal tersebut bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang berkompeten dan siap menjadi surveyor sukses.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal menyampaikan bahwa tugas Pushidrosal menyelenggarakan operasi survei pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional.

Lebih lanjut, tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Pushidrosal sangatlah tidak ringan karena Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan kritikal publik dalam menyiapkan data, informasi hidro-oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Penyediaan data dan informasi tersebut dilaksanakan secara mandiri maupun kerjasama dengan pihak lain, yang dilaksanakan tetap sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, tegasnya.

Di akhir acara, para mahasiswa berkesempatan mengunjungi dinas-dinas di lingkungan Pushidrosal, antara lain Dinas Hidrografi, Dinas Oseanografi dan Dinas Pemetaan, Indonesia Hydrographic Data Center (IHDC) serta Dinas Produksi dan Distribusi.(disp)