KSAL: Gelar Ini Memberikan Konsekuensi Untuk Menjaga Marwah Adat Melayu dan Keamanan Wilayah Perairan Indonesia

0

Koran Jurnal, Medan – “Penganugerahan gelar ini memberikan konsekuensi kepada saya, untuk menjaga marwah Adat Melayu dan kehormatan serta mencurahkan perhatian guna meningkatkan keamanan wilayah perairan sekaligus berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Upaya tersebut dapat dilaksanakan melalui upaya pembangunan sektor kelautan secara sinergi bersama jajaran kesultanan Deli dan pemerintah daerah setempat”.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali pada acara Penganugerahan Gelar kehormatan oleh Kesultanan Deli, bertempat di Balirung Istana Maimun Kesultanan Deli, Medan, Senin (16/10/2023).

Pada acara tersebut Kasal mendapatkan gelar Datuk Panglima Laksamana Diraja dari Kesultanan Deli. Sultan Deli Seripaduka Sultan Deli XIV, Tuanku Sultan Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam berkesempatan memimpin dan menganugerahkan gelar kehormatan tersebut. Pengukuhan gelar kehormatan adat ini diberikan atas keberhasilan Laksamana TNI Muhammad Ali yang saat ini memimpin TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan serta kedaulatan laut Indonesia.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk menerima penganugerahan gelar Datuk Panglima Laksamana Diraja dari jajaran Kesultanan Deli yang begitu masyhur sebagai pelaku utama dalam perjalanan sejarah kejayaan maritim nusantara.

Lokasinya yang begitu strategis dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka, telah menjadikan Kesultanan Deli sebagai salah satu entitas sejarah penting yang selama berabad-abad menjadi salah satu pusat perkembangan ekonomi dan peradaban maritim.

Dalam sambutannya Sultan Deli Seripaduka Sultan Deli XIV menyampaikan “Pemberian gelar kebangsawanan kepada KSAL menjadi titik awal pemantapan revolusi biru di wilayah Kesultanan Deli dengan mengajak kaum masyarakat adat Deli untuk bersama-sama memajukan bangsa dengan memanfaatkan potensi kelautan sebagai karunia dari Allah SWT”.

Wilayah Kerajaan Deli yang tidak hanya terdiri dari daratan akan tetapi juga wilayah laut dan pantai sebagaimana tertera dalam peta merupakan bukti bahwa negeri Deli memiliki jejak sejarah yang panjang untuk mempertahankan wilayah lautnya. Oleh sebab itu Kesultanan Kerajaan Deli mengangkat Kasal sebagai pemimpin TNI AL, untuk turut menjaga wilayah perairan Kesultanan Deli.(disp)