Presiden Jokowi Resmikan Pesawat C-130J Super Hercules A-1339

0

Koran Jurnal, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pesawat C-130J Super Hercules A-1339, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Peresmian ditandai dengan pemecahan kendi dan penyiraman air kembang di hidung pesawat oleh Presiden Jokowi, yang disaksikan Menhan RI Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dikatakan Jokowi, pesawat baru TNI AU adalah pesawat yang sangat canggih.

“Hercules yang kita terima pada pagi hari ini adalah pesawat yang sangat canggih,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyebut, pesawat ini dapat mengangkut 98 personel penerjun atau 128 personel non-penerjun. Kapasitas angkut pesawat buatan Amerika Serikat ini, tambah Jokowi, mencapai 19,9 ton sehingga cocok digunakan untuk mendistribusikan bantuan bila terjadi bencana.

“(Pesawat) Ini bagus untuk operasi militer maupun non militer, bencana alam juga bisa. Bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena pesawat super hercules ini bisa terbang 11 jam,” terang Jokowi.

Pesawat Hercules C-130J A-1339 adalah satu dari 5 pesawat serupa yang dipesan oleh pemerintah Indonesia.

“Pak Menhan tadi menyampaikan hari ini datang satu, nanti Juni tambah lagi, Juli tambah satu lagi, Oktober tambah satu, Januari tahun depan tambah 1. Jadi 5 pesawat yang akan datang ke negara kita,” jelas Jokowi.

Sebelumnya diinformasikan, pesawat buatan Lokcheed Martin, AS merupakan pesawat pertama yang datang dari lima pesawat pengadaan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI yang tertuang melalui kontrak pada bulan Agustus 2019 lalu.

Kelima pesawat akan ditempatkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai pesawat angkut berat untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AU, baik OMP ataupun OMSP.