Gerak Cepat Danlanud Raden Sadjad Kirim Prajurit Bantu Bencana Tanah Longsor di Pulau Serasan

0

Koran Jurnal, Natuna – Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., bergerak cepat untuk mengirim personel Lanud RSA untuk membantu korban bencana banjir dan tanah longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Selasa (7/3/2023).

“Saya perintahkan setiap satuan di jajaran Koopsud I harus bergerak cepat tatkala terjadi bencana atau saat masyarakat setempat membutuhkan bantuan,” ujar Pangkoopsud I kepada semua jajaran yang ada di wilayah Koopsud I.

Pelepasan personel Lanud RSA dan Denhanud 477 Kopasgat yang akan dikirim ke lokasi terdampak bencana dihadiri oleh Sekda Kabupaten Natuna Boy Wijanarko Varianto, S.E., Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Natuna Wan Aris Munandar, Kepala BMKG Ranai, Para Kadis Lanud RSA dan Pejabat Lanud RSA lainnya.

Personel TNI AU yang diterjunkan sebanyak 30 orang yang terdiri dari personel Lanud RSA dan Denhanud 477 Kopasgat.

Adapun personel yang diperbantukan diantaranya dari Lanud RSA 1 orang dokter, 1 apoteker , 3 tenaga medis, 15 personel standby Lanud RSA dan 10 orang dari prajurit Denhanud 477 Kopasgat.

Perlengkapan yang dibawa meliputi 1 tenda serbaguna, 27 buah Velbed, obat-obatan 1 set, 1 Fraktur dan 1 stretcher/tandu. Prajurit TNI AU yang berangkat ke Pulau Serasan menggunakan KRI dari satuan TNI AL setempat.

Selain mengirim pasukan di daerah terdampak bencana, Lanud Raden Sadjad juga membuka Posko Satgas Udara sebagai jembatan penghubung lalu lintas udara dan jembatan penghubung lalu lintas laut ke tempat terdampak bencana Pulau Serasan, Kab. Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.(pen)