Puluhan Relawan Ganjar Pranowo Bentuk Front Kebangsaan, Siap Dukung Langkah PDI Perjuangan di Pemilu 2024

0

Koran Jurnal, Jakarta – Relawan ‘Front Kebangsaan’ yang terdiri dari sejumlah organ pendukung Ganjar Pranowo menyampaikan pernyataan sikap untuk mendukung penuh langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Pemilu 2024.

“Kami dari 17 organ relawan yang sebelumnya adalah relawan Jokowi dan pendukung Ganjar Pranowo bergabung membentuk Front Kebangsaan, sepakat menyatakan sikap mendukung PDI Perjuangan pada Pemilu 2024,” kata Riano Oscha, saat mendeklarasikan Front Kebangsaan di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2023).

Menurut Riano, PDI-P adalah partai politik yang mempunyai komitmen kuat dalam menjaga persatuan dan keutuhan bangsa serta berorientasi pada kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat.

Riano juga menjelaskan alasan dan latar belakang Front Kebangsaan mendukung partai berlogo banteng moncong putih itu.

“Mencermati perkembangan politik tanah air dan kiprah politik partai-partai serta dinamikanya, maka kami berkesimpulan : Seluruh komponen bangsa harus menyikapi dengan tegas serta melawan merebaknya politik identitas, intoleransi dan radikalisme yang mengancam keutuhan bangsa menjelang Pemilihan Umum 2024,” ujar Riano, sebagai salah satu Inisiator terbentuknya Front Kebangsaan.

Lebih lanjut, Riano memastikan Front Kebangsaan tidak akan berbicara soal Calon Presiden (Capres) meskipun mereka bergerak dari relawan Ganjar Pranowo.

“Kami tidak akan intervensi terhadap keputusan PDI Perjuangan dalam menentukan capres dan cawapres. Yang pasti kami mendukung keputusan PDI-P dibawah Ibu Megawati,” lugas Riano, didampingi 17 ketua Relawan yang hadir.

Sementara itu, Ketua organ relawan Pojok1 DR. Yuyun Pringadi menyebut dukungan kepada PDI Perjuangan murni sebagai aspirasi yang muncul dari suara hati.

Front Kebangsaan, lanjut Yuyun, memahami perlunya kesinambungan pembangunan Indonesia penerus Presiden Jokowi. Termasuk dengan memunculkan sosok Erick Thohir sebagai kandidat bersama Ganjar Pranowo.

“Kami di Front Kebangsaan ini kan ada banyak relawan. Ada relawan Ganjar, Relawan Erick Thohir dan lainnya. Kami mendukung PDI Perjuangan dalam Pileg,” imbuhnya.

Yuyun menjelaskan bahwa kesinambungan pembangunan pasca-pemilu 2024 sangat penting, dan perlu adanya sosok yang bisa menjadi penerus Jokowi.

“Kalau saya sebut nama ya, Erick Thohir. Sebagai menteri BUMN beliau sukses membawa perusahaan plat merah kita sehat dan memberi sumbangsih besar bagi keuangan negara. Kepedulian pak Erick Thohir kepada rakyat bawah terutama UMKM dan generasi muda sangat luar biasa,” tandas Yuyun, yang juga sebagai inisiator Front Kebangsaan.

Berikut daftar 17 Relawan Front Kebangsaan ;
1. Laskar Rakyat Jokowi (LRJ)/Riano Oscha
2. Relawan Perjuangan Nusantara/Riano
3. Balkon Jokowi/ La Ode Hadi
4. Lingkar Cinta Demokrasi/Zulfikar
5. Letho (Laskar Erick Thohir)/Irian Jaya
6. Pojok1 /DR. Yuyun Pringadi
7. GPGP – Gerakan Pemenangan Ganjar Pranowo/Dhini Mudiani
8. Guntur/Teguh Eko
9. Relawan Banteng Taparing /Andi Anas
10. Save NKRI/Jimy
11. Ganjar Relasi Kita (GRET) /Adi
12. Ganjar Muda dan Milenial Indonesia Emas/ Intan
13. Laskar Nusantara bersatu /Iqbal
14. Ganjar Pranowo Presiden (GPP)/Ahmad Syaiful
15. Relawan Padamu Negeri (RPN)/Albert Sukanta
16. Laskar Bumi Pertiwi/Anne
17. Gundala (Guntur Muda dan Milenial)