Satuan Survei Pushidros TNI AL Gelar Pelatihan Pengoperasian USV

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar pelatihan pengoperasian Unmanned Surface Vehicle (USV) tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Komandan Satuan Survei (Dansatsurvei) Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom ) bertempat di ruang serbaguna Orion Satsurvei, Jakarta Utara, Rabu (8/3/2023).

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan personel Pushidrosal tentang pengoperasian Unmanned Surface Vehicle (USV), diharapkan dalam mengikuti pelatihan ini seluruh ilmu baik teori maupun praktek bisa dipahami dengan baik dan selesai mengikuti pelatihan ini para peserta memahami dan dapat mempraktekannya ilmunya di kegiatan satuan khususnya Satuan Survei Pushidrosal.

Latihan tersebut melibatkan 25 peserta dengan pelaksanaan selama 15 hari kerja yang dimulai tanggal 8 Maret hingga 30 Maret 2023 dengan instruktur dari kalangan Pushidrosal.

Adapun materi yang diajarkan di dalam ruangan meliputi pengenalan peralatan USV dan Multibeam Echosounder (MBES) MB2, teori pengambilan data serta pengoperasian USV menggunakan remote control dan Automous, teori pengoperasian USV dengan menggunakan software PDS 2000 dan caris on Boat serta solusi trouble shooting USV.

Untuk praktek meliputi instalasi MBES MB2 dan USV, pengoperasian MBES MB2 dan USV, pengolahan data MBES MB2 dengan menggunakan software PDS 2000 dan caris onboard.(disp)