Aprilia Sky, Cerminan Kartini Masa Kini

0
Sosok Kartini Masa Kini, Aprilia Sky.(Ist)

Koran Jurnal, Jakarta – Sosok Kartini Indonesia dalam perannya di tengah masyarakat telah mengalami pergeseran dari waktu ke waktu. Peran perempuan Indonesia pada era sekarang lebih menggambarkan perempuan masa kini yang aktif serta memiliki peran bidang kehidupan. Namun demikian perjuangan Raden Ajeng Kartini mengatasi diskriminasi gender tetap dilanjutkan oleh perempuan masa kini melalui keterlibatannya dalam berbagai profesi di bidang ekonomi, politik, budaya dan sosial.

Di era globalisasi ini, banyak bermunculan sosok perempuan penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini. Mereka berasal dari berbagai kalangan, salah satunya adalah perempuan bernama Aprilia Sky, seorang perempuan kelahiran Karawang yang memiliki tanggal dan bulan lahir sama dengan Raden Ajeng Kartini yaitu 21 April.

Aprilia Sky dikenal awalnya sebagai seorang DJ sejak 2009. Ibu dari 3 orang anak ini terus mengasah talentanya secara aktif menjadi Mom Influencer yang punya keunikan tersendiri. Melalui inspirasi yang sering dibagikan di akun media sosialnya @aprilia_sky, Instagram Aprilia Sky sendiri diikuti lebih dari 144 Ribu Followers. Aprilia Sky telah membuktikan bahwa menjadi seorang ibu tidak menjadi hambatan untuk produktif dalam berkarya dan berprestasi.

Salah satu prestasi yang membanggakan dari Aprilia Sky adalah dengan dinobatkannya kmsebagai Duta Ibu Cerdas 2020 oleh salah satu brand perlengkapan bayi yang selanjutnya dinobatkan menjadi brand ambassador brand tersebut. Menjadi Duta Ibu Cerdas, Aprilia Sky berperan aktif untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu di Indonesia. Edukasi yang diberikan di antaranya adalah cara merawat dan membesarkan anak di tengah kesibukan sebagai perempuan yang produktif.

Tak hanya di media sosial, Aprilia Sky seringkali diundang untuk menjadi pembicara di berbagai talk show dan webinar untuk membagikan pengalamannya sebagai Pemilik Bisnis Indo.Night Spot dan juga Sky Inspiring Indonesia Bisnis yang bergerak dibidang Digital Marketing, dimana ia dipercaya menangani perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Aprilia Sky dikenal sebagai women preneur yang memiliki bisnis di bidang creative digital marketing, social media handling dan production house.

Aprilia Sky di tengah aktivitasnya yang padat sebagai pebinis juga merupakan founder Komunitas Arisan Influencer Sosialita Club dan Pretty lovely yang memiliki visi misi memajukan dan memberdayakan perempuan Indonesia.

“Wanita tidak hanya bekerja di dapur dan di kasur saja tapi juga bisa melakukan berbagai macam pekerjaan,“ ucap Aprilia Sky saat ditemui dikantornya di Kawasan PIK, Jakarta Utara, Kamis (20/4/2023).

Komunitas arisan sosialita itu pun dibentuk oleh Aprilia Sky untuk menepis stigma negatif dimana arisan dianggap hanya tempat ajang pamer dan gosip.

Berbeda dengan komunitas arisan pada umumnya, Aprilia Sky mengisi kegiatan arisan untuk anggotanya yang berjumlah lebih dari 100 orang dengan peningkatan skill/keterampilan seperti membuat kerajinan tangan, beauty class, yoga, sharing tentang bisnis dan masih banyak lagi.

Aprilia Sky merupakan cerminan Kartini Masa Kini yang terus menginspirasi perempuan di Indonesia untuk selalu berpikiran maju dan mandiri.(*)