Usai Sertijab dan Terima Pasukan Kopassus, Mayjen Deddy Suryadi Resmi Danjen Korps Baret Merah ke 36

0

Koran Jurnal, Jakarta – Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Deddy Suryadi resmi memegang tongkat komando Korps Baret Merah atau Kopassus (Komando Pasukan Khusus). Tongkat komando pasukan elite TNI AD itu sah dipegang Mayjen Deddy Suryadi sebagai Danjen Kopassus ke-35 setelah melalui rangkaian prosesi militer yakni serah terima jabatan (Sertijab) dan upacara penyerahan satuan Kopassus.

Adapun Sertijab Danjen Kopassus dari pejabat sebelumnya, Mayjen TNI Iwan Setiawan kepada pejabat baru, Mayjen TNI Deddy Suryadi. Sertijab itu dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, di Mabesad, Jakarta, Jum’at (28/4/2023).

Dihari yang sama, prosesi militer dilanjutkan dengan penyerahan satuan Kopassus yang digelar di Lapangan Makopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi menyampaikan rasa hormatnya kepada Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman atas pemberian amanah dan jabatan barunya sebagai Danjen Kopassus ke-36.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI Angkatan Darat yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada kami untuk memimpin satuan yang terbaik di negeri ini,” kata Mayjen Deddy Suryadi.

Mayjen Deddy Suryadi menegaskan, bahwa dirinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan yang sebelumnya telah dilakukan dengan sangat baik oleh Mayjen TNI Iwan Setiawan yang saat ini mendapatkan promosi jabatan sebagai Pangdam XII/Tanjungpura.

“Saya siap melaksanakan tugas sebagai Komandan Jenderal Kopassus yang ke-36. Siap memimpin dan melayani seluruh anggota untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” lugas Mayjen Deddy Suryadi.

Jenderal dua bintang ini juga meminta dukungan dan doa restunya kepada seluruh prajurit serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kopassus agar dirinya dapat melanjutkan program yang sebelumnya telah dilakukan oleh para Danjen Kopassus sebelumnya.

“Saya mohon dukungan bantuan dan kerjasama seluruh prajurit serta PNS Kopassus dalam pengabdian untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa Indonesia, dan terus meningkatkan profesionalisme prajurit yang modern dilandasi dengan semangat juang yang tinggi,” ujarnya.

Dari pantauan di lokasi acara, tampak setelah upacara penyerahan satuan Kopassus, kedua jenderal bintang dua Kopassus itu langsung dibopong dan diarak ratusan prajurit kopassus sambil meneriakkan yel-yel Komando Kopassus.(*)