Peringatan HUT ke 78, Presiden Jokowi Senang Kepercayaan Masyarakat terhadap TNI Terus Terjaga

0

Koran Jurnal, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang digelar di kawasan Monas Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat HUT TNI ke 78 dan sekaligus merasa bangga atas dedikasi TNI dalam menjaga negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara-saudara bertugas, dan terima kasih atas dedikasi, atas keberanian, profesionalisme dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga NKRI, perisai penjaga Pancasila, perisai penjaga Undang-Undang Dasar 1945. Saya senang kepercayaan masyarakat terhadap TNI terus terjaga dan selalu menempati urutan teratas berdasarkan hasil survei per September 2023 dengan angka kepercayaan 83% sampai 90%, dan untuk dapat terus menjaga kepercayaan tersebut,” kata Presiden Jokowi, didampingi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bersama KSAD, KSAL, dan KSAU.

Hari Ulang Tahun ke-78 TNI tahun 2023 mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.”

Rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI dimulai dengan upacara parade dan defile, dimana selaku Komandan Upacara adalah Mayjen TNI Choirul Anam (Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad), sementara pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY), Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang), Kolonel Pnb Dedi Supriyanto (Paban III/Litbang Srena AU), dan sebagai perwakilan penerima tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Pratama yang dibacakan oleh Sekertaris Militer Presiden selaku Sekertaris Dewan Gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan kepada Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos, S.E., (Aspotmar Kasal) dan Marsda TNI Andi Kustoro, S.E., M.M. (Pangkoopsud II) dan sebagai Komandan defile Laksda TNI Erwin (Pangkolinlamil).

Acara dilanjutkan dengan Demontrasi gabungan udara dari beberapa Alutsista TNI diantaranya pesawat TNI AU, AD dan AL, dan demo penerjunan dari 78 prajurit TNI dari tiga Matra bersama Kepolisian RI, dalam penerjunan ini turut serta para Wanita TNI dan Kepolisian RI yaitu 1 Wan TNI AD, 4 Wan TNI AL, 1 Wan TNI AU dan 1 Wan Kepolisian RI, dimana 78 penerjun tersebut merupakan simbol TNI yang terlahir mengiringi usia Kemerdekaan Indonesia demi menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap Bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

Selain itu, ditampilkan pula kolone senapan yang merupakan demo ketrampilan yang menunjukan kekompakan baik di dalam satu regu, pleton atau kompi, tidak ketinggal pula ibu-ibu Dharma Pertiwi dari unsur Persit KCK, Jalasenastri dan Pia Ardya Garini dan IKKT PWA, mempersembahkan tari Nusantara. Rankaian HUT ke 78 TNI kali ini mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista.

Selesai upacara, Panglima TNI menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terus mendukung dan mencintai TNI.

“Terimakasih semuanya atas dukungannya dalam HUT TNI ke 78, kepada seluruh masyarakat saya sampaikan terimakasih atas kecintaannya kepada TNI, atas dukungannya kepada TNI, hingga pada umur 78 ini, TNI sebagai Patriot NKRI akan tetap konsisten pada tugas pokok yang diemban yaitu menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan NKRI, menjaga dan melindungi Bangsa dan Tumpah darah Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir diantaranya Wapres RI beserta Istri, Prof. DR. Hj. Megawati Soekarnoputri (Presiden RI ke-5), Prof. DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden RI ke-6), Ketua dan Pimpinan Lembaga-lembaga Tinggi Negara, Jend. TNI (Purn) Try Sutrisno (Wapres RI ke-7), H. M. Jusuf Kalla (Wapres RI ke-10 dan 12), Budiono (Wapres RI ke-11) beserta Istri, Ny.Shinta Nuriah Abdulrahman Wahid, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan Jajaran TNI di seluruh penjuru Tanah air serta para undangan.

Momen yang sama, Presiden Jokowi juga menyematkan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Pratama kepada tiga prajurit TNI, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 1, 53, dan 75/TK Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Pratama. Adapun tiga prajurit TNI yang memperoleh tanda kehormatan adalah sebagai berikut:

1. Mayor Jenderal TNI Legowo W. R. Jatmiko, Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka 2. Mayor Jenderal TNI (Marinir) Markos, Asisten Potensi Maritim Kasal 3. Marsekal Muda TNI Andi Kustoro, Panglima Komando Operasi Udara.