KSAL Laksamana Muhammad Ali Hadiri Indo-Pacific Sea Power Conference di Australia

0

Koran Jurnal, Jakarta – Guna meningkatkan kerjasama bilateral antara TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan Royal Australian Navy (RAN), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menghadiri kegiatan Indo-Pacific Sea Power Conference (SPC) yang berlangsung pada tanggal 7-9 November 2023 di International Convention Centre, Sydney, Australia.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy (RAN) ini mengambil tema “Fleet 2035: Sea Power and the Future of Maritime Warfare”.

KSAL juga berkesempatan mengunjungi beberapa stand industri pertahanan, yaitu pada pameran Naval Industry and Maritime Expo, yang terdapat 736 peserta expo dan 20 industri yang menjadi sponsor dalam kegiatan ini.

Di sela-sela kegiatan, KSAL didampingi Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Wadan Pushidrosal Laksda TNI Budi Purwanto, dan Kapusjianmar Seskoal Laksma TNI I Komang Teguh Ardana, dan Atase Pertahanan RI di Canberra Laksma TNI Anak Agung Oka Wirayudha, berkesempatan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Chief of Navy maupun Ketua Delegasi dari beberapa Angkatan Laut negara sahabat.

Kehadiran KSAL pada event tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh RAN ini, semakin menegaskan peran diplomasi TNI AL dalam menghadapi perubahan geo-strategi dan geo-politik regional maupun global.(disp)