Pushidros TNI AL Gelar Operasi Survei Hidro-oseanografi Jalur Pipa Bawah Laut di Tarakan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar operasi surveI Hidro-Oseanografi jalur pipa bawah laut Bangkudulis, Tarakan. Survei sudah dimulai 18 Desember 2023 hingga 20 Januari 2024 mendatang.

Pelaksanaan operasi survei dipimpin oleh Letkol Laut (P) Albert Mahendro Yudono selaku Ketua Tim beserta Tim Survei sebanyak 14 personel, yang terdiri dari 2 perwira, masing-masing sebagai Perwira bidang hidrografi dan bidang oseanografi serta 12 anggota surveyor Pushidrosal.

Survei Hidrografi yang dilakukan ini meliputi; geofisika, yaitu menggunakan Multibeam Echosounder untuk mendapat gambaran tiga dimensi dasar laut termasuk nilai kedalamannya, Side Scan Sonar untuk mendapatkan gambaran citra dasar laut, magnetometer untuk mendeteksi anomali kemagnetan di dasar laut, Sub Bottom Profiler (SBP) untuk mendeteksi jenis lapisan di bawah dasar laut, dan penentuan posisi referensi pemetaan dengan menggunakan Global Positioning System (GPS) geodetic akurasi tinggi.

Sedangkan survei Oseanografi yang dilaksanakan meliputi pengamatan pasang surut perairan, pengukuran arus perairan, pengukuran konduktivitas, temperature dan densitas (CTD) perairan, serta pengambilan sampel dasar laut menggunakan alat grab sampler, serta gravity corer untuk sampel dasar laut pada lapisan yang lebih dalam.

Kegiatan survei meliputi akuisisi, pengolahan, analisa, serta penyajian data hidro-oseanografi yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan jalur pipa bawah laut serta kegiatan navigasi di perairan Tarakan oleh masyarakat luas.

Dalam pelaksanaan survei di lapangan tentunya sangat didukung dengan sangat positif dari masyarakat setempat, pemerintah daerah, para penggerak industri swasta dan pemerintah, juga instansi TNI dan Polri khususnya Lantamal XIII Tarakan dan Dirpolairud Polda Kaltara.

Pushidrosal akan terus berkarya dan bersinergi untuk mewujudkan visinya sebagai lembaga hidrografi nasional yang PRIMA (Profesional, Reliabel. Inovatif, Modern dan Akurat) untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh.(disp)