Pemerintah Tetapkan Ramadhan 1445 Hijriah Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Penetapan awal puasa bagi umat muslim itu disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta pada Minggu sore (10/3/2024).

Menteri Yaqut mengatakan, penetapan bulan ramadhan ini dilakukan berdasarkan hasil dari sidang isbat.

“Sidang isbat secara mufakat menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024,” kata Yaqut, dikutip dari akun YouTube resmi Kementerian Agama.

Dengan penetapan tersebut, maka seluruh umat islam di Indonesia dapat melaksanakan Salat Tarawih mulai Senin (11/3/2024).

Sebagai informasi, sidang isbat ini dibagi menjadi tiga tahap, tahapan pertama, yaitu pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Kemudian, tahapan kedua yaitu digelarnya sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah shalat Magrib.

Selanjutnya, tahap ketiga yaitu konferensi pers penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian Agama.

Diketahui, selain berdasarkan data hisab atau informasi, hasil sidang isbat ini juga merujuk dari hasil rukyatulhilal atau konfirmasi yang dilakukan oleh Tim Kemenag yang berada pada 134 lokasi di seluruh tanah air.(**)