Super Hercules TNI AU Terbangkan Bantuan Kemanusian Indonesia untuk Palestina

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pesawat angkut berat TNI Angkatan Udara C-130J Super Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menerbangkan bantuan kemanusian dari pemerintah Indonesia untuk warga Palestina.

Pemberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan, dilaksanakan melalui Apel Keberangkatan yang dipimpin Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto di Main Apron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jum’at (29/3/2024).

Hadir mengikuti Apel Keberangkatan sejumlah pejabat utama TNI, antara lain Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA, Kepala Staf Angkatan Darat, dan Kepala Staf Angkatan Laut, serta pejabat utama TNI lainnya dan pejabat kementerian terkait, termasuk Wakil Ketua Badan Zakat Nasional.

Dalam amanatnya Pangllma TNI mengatakan, Misi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina, merupakan salah satu implementasi visi TNI yang PRIMA untuk membantu warga Palestina yang sangat membutuhkan bantuan di Gaza

Personel yang dikerahkan pada misi ini sebanyak 26 orang yang dipimpin oleh Danwing 1 Lanud Halim P, Kolonel Pnb Noto
Casnoto. Adapun bantuan kemanusian dengan total 14 Ton tersebut, dikemas menggunakan 900 Payung Utama Orang (PUO) dengan metode air drop atau diterjunkan dari pesawat. Bantuan kemanusiaan yang dikirim, merupakan barang- barang yang sangat dibutuhkan oleh warga Palestina, termasuk bahan makanan.

Pesawat C-130J Super Hercules akan menempuh penerbangan melewati sejumlah negara, dengan rute penerbangan dari Halim Perdanakusuma-Aceh-Myanmar-India-UEA-Yordania. Selesai misi, pesawat akan kembali ke Indonesia melalui rute yang sama.(disp)