Marinir Luncurkan Buku ‎Ensiklopedia Korps Baret Ungu TNI AL

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Masih dalam rangkaian memperingati HUT ke-72 Baret Ungu, Korps Marinir TNI AL secara resmi meluncurkan buku Ensiklopedia Korps Marinir TNI AL di Lapangan Apel Brigif-2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis malam (16/11/2017).

Dalam acara yang dihadiri Wakasal Laksamana Madya TNI Taufiqoerrochman, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) mengawali prosesi peluncuran dengan membuka kain selubung yang berisi mock-up buku Ensiklopedia berukuran 132 x 200 cm.

Dalam sambutannya Dankormar mengatakan, sebagai generasi penerus Korps, sudah merupakan kewajiban untuk selalu menjaga Korps Marinir terus berkembang dan selalu memberikan yang terbaik kepada negara dan bangsa serta masyarakat.  

“Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab kami kepada korps dan generasi pendahulu, kami hadirkan sebuah buku yang kami kemas dalam bentuk Ensiklopedia Korps Marinir TNI AL. Dengan diterbitkannya buku ini, kami berharap seluruh prajurit Korps Marinir TNI AL dapat meningkatkan derap langkah pengabdiannya kepada bangsa dan negara serta selalu berpegang teguh kepada sapta marga dan sumpah prajurit,” kata Dankormar.

Acara peluncuran dimeriahkan dengan acara talk show yang dipandu oleh host presenter SCTV, Paramita Andini, dengan menghadirkan empat narasumber yaitu Komandan Korps Marinir, Letjen TNI Mar (Purn) Safzen Noerdin, sejarahwan militer Dr. Ambarwulan, dan Direktur Penerbit Lentera Abadi Ir. Budi Sudarmono, M.M.

Penerbitan buku Ensiklopedia Korps Marinir TNI AL mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat di antaranya Letjen TNI (Purn) Safzen Nurdin yang mengungkapkan, buku ensiklopedia ini merupakan langkah tepat Korps Marinir dalam melestarikan nilai-nilai kejuangan kepada generasi penerusnya. Sedangkan wartawan senior Kompas, Iwan Ong menyatakan buku ini merupakan dokumentasi sejarah perjuangan dan pengabdian sebuah Korps yang patut dijadikan contoh bagi satuan lain.  

Ensiklopedia Korps Marinir TNI Angkatan Laut  merupakan buku yang menuturkan secara lengkap rekam jejak perjuangan, pengabdian Korps  Marinir terhadap bangsa, negara dan dunia. Buku yang menuturkan secara periodik kiprah “Baret Ungu” ini disusun dan diolah secara matang oleh Tim  gabungan dari Korps Marinir dan Penerbit Lentera Abadi. Buku ini terdiri atas 11 (sebelas) jilid dengan tidak kurang dari 2.500 halaman dilengkapi dengan lebih dari 2.500 foto dan gambar. Masing-masing jilid mengupas materi yang berbeda yaitu Jilid 1  Selayang Pandang, Jilid 2 Korps Marinir TNI AL Periode 1945-1950, Jilid 3, Korps Marinir TNI AL Periode 1951-1960, Jilid 4 Korps Marinir TNI AL Periode 1961-1970, Jilid 5 Korps Marinir TNI AL Periode 1971-1980, Jilid 6 Korps Marinir TNI AL Periode 1981-1990, Jilid 7 Korps Marinir TNI AL Periode 1991-2000, Jilid 8  Korps Marinir TNI AL Periode 2001-2005, Jilid 9 Korps Marinir TNI ALPeriode 2006-2014, Jilid 10  Korps Marinir TNI AL Periode 2014-2015, Jilid 11 Korps Marinir TNI AL Periode 2016-2017.‎

Pewarta : Anton/Pen