Tim Siber TNI AU Torehkan Prestasi di Dua Ajang Kompetisi Bergengsi

0

Koran Jurnal, Jakarta – Prestasi emas ditorehkan Tim Siber TNI AU dalam ajang kompetisi SSCTF tahun 2020 yang diselenggarakan Satsiber TNI (3/12/2020)

Dari tiga tim yang dikirim TNI AU diantaranya adalah tim Flag (INITIAL_D-REBORN), tim Kolam Pancing, dan UP2U-TEAM, tim Flag (INITIAL_D-REBORN) berhasil meraih juara pertama dengan mengalahkan 31 tim yang berasal dari tim Siber Kemhan, TNI AD maupun TNI AL.

“Selain merebut juara pertama di kompetisi Siber TNI, tim Flag (INITIAL_D-REBORN) juga merebut juara kedua KKS TNI AD yang diselenggarakan pada tanggal 9 Desember yang lalu,” ujar Lettu Sus Dwi Cahyo, Jum’at (11/12).

Adapun materi perlombaan meliputi Web Exploit, Reverse Engineering, Osint, Cryptography, dan Forensic. Para peserta diharuskan juga melaksanakan analisis terhadap berkas ataupun Service untuk mencari String Unique dan Submit Flag pada sistem penyisihan melalui Scoreboard serta dilanjutkan pembuatan Proof Of Concept (POC) dalam bentuk Write Up yang harus diselesaikan selama 12 jam.

Kompetisi Siber di lingkungan TNI merupakan wadah guna peningkatan kemampuan personel Siber dan kepedulian prajurit dari kejahatan Siber serta perlindungan terhadap infrastruktur TNI.(disp/red)