Danpushidrosal Lepas Keberangkatan Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I Aurora Etape IV Selat Manipa

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P melepas keberangkatan Tim peneliti Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” Etape IV di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa (06/10/2021).

Adapun tim peneliti tersebut terdiri dari Kolonel Laut (P) Anom Puji Hascaryo (Kadishidro Pushidrosal), Mayor Laut (E) Aditya Prayoga (Satsurvei Pushidrosal), Dr. Rina Zuraida (Pusat Survei Geologi ESDM), Gabriella Alodia, S.T., M.Sc. (ITB), Ir. Kristianto, M.Si. (PVMBG ESDM), Ir. Mustafa Hanafi, M.Sc. (P3GL ESDM), serta Fareza Sasongko Yuwono, M.Sc. (Pusat Riset Laut Dalam LIPI).

Para peneliti tersebut selanjutnya berangkat menuju Ambon untuk bergabung dengan KRI Spica-934 guna melaksanakan penelitian di perairan Selat Manipa dan sekitarnya. Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” Etape IV ini, direncanakan selama 6 hari mulai tanggal 6 sampai 12 Oktober 2021 untuk melaksanakan penelitian fitur batimetri di sekitar perairan Selat Manipa.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” merupakan kegiatan penelitian kelautan yang memiliki arti strategis, karena Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” ini merupakan Ekspedisi pertama kali dilakukan oleh TNI AL dalam hal ini Pushidrosal yang dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan pemetaan batimetri untuk keselamatan pelayaran dan sekaligus penelitian tentang geofisika dan geomorfologi kelautan serta analisa fitur-fitur bawah laut lainnya yang melibatkan para peneliti nasional dari kementerian, lembaga penelitian serta universitas.

“Ekspedisi ini akan terus dilanjutkan sebagai agenda tahunan yang akan dikembangkan terus terutama melalui koordinasi dan kolaborasi dengan peneliti pada tingkat nasional dan bahkan berpeluang untuk dikembangkan dengan melibatkan interaksi dengan kelembagaan penelitian internasional terkait,” tutur Komandan Pushidrosal.

Hadir Dalam acara pemberangkatan tim peneliti tersebut antara lain, Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana S, M.Sc., Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Dr. Yanuar Handwiono, M.Sc., serta segenap pejabat utama Pushidrosal.(disp/red)