Pangkalan TNI AL Balikpapan Satuan Penyangga IKN Nusantara dan Kelasnya Akan Dijadikan Kodamar

0

Koran Jurnal, Balikpapan – Dengan adanya pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Pangkalan TNI AL Balikpapan menjadi Lanal penyangga dan akan dinaikan kelasnya menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) A, yang akan dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Bintang Dua. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat melaksanakan tatap muka dengan Prajurit TNI AL, di Lanal Balikpapan, Rabu (23/08/2023).

Disampaikan oleh KSAL dalam kesempatan itu bahwa, secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II sehingga menuntut peran aktif dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas dan mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi.

“Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah, sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia,” tegas KSAL dihadapan prajurit TNI AL Lanal Balikpapan.

Dalam kesempatan ini juga KSAL berpesan agar segenap prajurit dan PNS TNI AL terus meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta terus tingkatkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme para prajurit.

“Jadikan kehadiran TNI AL di wilayah ini bermanfaat baik itu bagi pemerintah daerah serta masyarakat khususnya di wilayah Balikpapan,” tandas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Sebelumnya dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur, KSAL berkesempatan meninjau titik lokasi di Dermaga Pantai Melawai yang rencananya akan dijadikan Markas Komando Daerah Maritim (Kodamar) TNI AL, serta lokasi rencana Pembangunan Dermaga yang nantinya sebagai titik penempatan unsur-unsur KRI TNI AL.

Sehari sebelumnya KSAL beserta sejumlah pejabat tinggi Mabesal juga meninjau secara langsung lokasi yang direncanakan sebagai tempat dibangunnya Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara.

Turut hadir mendampingi KSAL dalam kunjungan kerjanya di wilayah Kalimantan Timur diantaranya, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, para Asisten Kasal, para Pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Kolonel Laut (P) Dr. Hendriman Putra, serta pejabat terkait lainnya.(disp)